TANGGAPI PENERAPAN E-KIR, LAILA FATIHAH SEBUT SOLUSI BERANTAS PUNGLI

| Jumat, 25 Feb 2022 12:00 WITA
TANGGAPI PENERAPAN E-KIR, LAILA FATIHAH SEBUT SOLUSI BERANTAS PUNGLI Foto;. Hj. Laila Fatihah, SE, M.Si Anggota Komisi II

SAMARINDA - Anggota Komisi II Samarinda yakni Laila Fatihah beri komentar positif atas pemberlakuan Electronik Kir (E-Kir) di Kota Samarinda.

Uji kelayakan kendaraan bermotor dengan E-Kir tentunya akan mempermudah masyarakat. Penerapan E-Kir ini dapat meminimalisir adanya pungli, selain itu sistemnya juga sederhana dan transparan.

“Terlebih suasana pandemi saat ini membatasi kegiatan masyarakat, maka E-Kir merupakan solusi yang tepat untuk hal tersebut,” ujarnya, (25/2/2022).

Kemudian Laila mengatakan pada tahun 2021, saat melakukan sidak di salah satu lokasi uji kendaraan di Samarinda, tarifnya mencapai Rp 500 ribu, bahkan kadang lebih.

Laila pun berharap kepada Pemkot Samarinda dapat lebih mengawasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam memberikan pelayanan ke publik.

“Artinya dengan pembayaran online kan pungli bisa dicegah serta PAD Kota pun bertambah,” imbuhnya.

Dengan adanya E-kir Laila berpendapat dengan adanya pelayanan ini, tentu kecelakaan lalu lintas dapat diantisipasi karena kendaraan diperiksa secara menyeluruh sebelum dapat kembali digunakan.

“Potensi kecelakaan berkendara juga berkurang. Karena kondisi kendaraan agar laik jalan semuanya diperiksa,” Tutupnya. (Adv)


Tinggalkan Komentar