Diskominfo Kaltim Gelar Bimtek Penyelenggaraan Informasi Geospasial

Wahyu Retno | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Diskominfo Kaltim Gelar Bimtek Penyelenggaraan Informasi Geospasial Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Informasi Geospasial sesuai dengan Prinsip Satu Data Indonesia

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Informasi Geospasial sesuai dengan Prinsip Satu Data Indonesia, pada Senin kemarin.

Kegiatan Bimtek kali ini turut hadir  peserta Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, akademisi dan praktisi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, serta narasumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG) Surveyor Pemetaan Pertama, Syamsul Hadi dan Dhaniswara Wiradharma.
Pelaksanaan Bimtek yang dilaksanakan selama lima hari mulai 6 - 10 November 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD) agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, HM Adrie Dirga Sagita mengatakan tujuan pelaksanaan Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas serta keterampilan peserta dalam mengelola dan memanfaatkan informasi geospasial secara efektif.

"Salah satu poin utama yang ditekankan dalam bimtek ini adalah implementasi prinsip Satu Data Indonesia. Prinsip ini menekankan pentingnya konsistensi, integritas, dan interoperabilitas data geospasial untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di berbagai sektor," jelas Dirga.

Ia juga berharap agar peserta Bimtek dapat lebih memahami dalam menyusun JIGD yang baik dan diperdalam ilmu-ilmu yang akan diberikan oleh BIG dalam hal pengelolaan informasi geospasial.

Terlebih, lanjut dia, ini menjadi bagian integral yang penting untuk peserta secara langsung mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari.
Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal mengungkapkan bahwa gelaran Bimtek tersebut merupakan langkah konkret untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pada bidang geospasial, sehingga hal ini juga dapat mendukung perkembangan teknologi dan pengambilan keputusan yang cerdas sesuai dengan arah pembangunan nasional.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam mengelola informasi geospasial dengan mematuhi prinsip Satu Data Indonesia," ucap Faisal.Sehingga pada kesempatan kali ini, Diskominfo Kaltim akan terus berkomiten berkomitmen dalam mendukung pengembangan dan pemanfaatan informasi geospasial secara berkelanjutan, agar dapat memperkuat jejaring dan kolaborasi di bidang statistik, khususnya di Bumi Etam.

"Mari bersama mewujudkan pemanfaatan informasi geospasial yang efektif dan berkelanjutan untuk pembangunan daerah. Semoga menjadi tonggak positif bagi kemajuan kita bersama," pungkasnya. (Adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar