Jokowi Ajak Masyarakat IKN Bangun Harmoni Budaya dan Pembangunan Bersama

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 07 Nov 2023 12:00 WITA
Jokowi Ajak Masyarakat IKN Bangun Harmoni Budaya dan Pembangunan Bersama Festival Harmoni Budaya Nusantara

gerakanaktualnews.com, Penajam - Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya di Festival Harmoni Budaya Nusantara di Lapangan Taruna, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat lalu.

Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur mengalami perkembangan signifikan, melibatkan proyek-proyek seperti gedung pemerintahan, hotel berbintang, rumah sakit, sekolah internasional, dan pusat perbelanjaan.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya mengimbangi pembangunan fisik dengan pengembangan sumber daya manusia dan pelestarian budaya. Dia memperingatkan agar kebudayaan lokal tidak tergeser oleh pengaruh budaya asing.

“Mestinya yang didahulukan adalah pembangunan sumber daya manusia, pelestarian kebudayaan, merawat kebudayaan yang ada. Jangan sampai nanti tergerus oleh budaya-budaya dari luar, budaya-budaya asing,” ujar Presiden. 

Festival Harmoni Budaya Nusantara diapresiasi oleh Jokowi sebagai upaya memahami dan merayakan keragaman seni dan budaya Indonesia, yang mencakup 714 suku.

Presiden menegaskan bahwa IKN akan menjadi tempat bagi masyarakat dari berbagai latar belakang etnis dan budaya. Harapannya, masyarakat IKN dapat hidup berinteraksi dengan harmonis, menjaga keberagaman dan memperkuat identitas budaya lokal.

Untuk mencapai tujuan ini, Jokowi mengajak semua pihak untuk membangun kesadaran bersama tentang pentingnya saling menghormati, menghargai keragaman, serta menjadikan prinsip Bhinneka Tunggal Ika sebagai kekuatan untuk membangun harmoni, kebersamaan, dan persatuan.

Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi dalam acara tersebut, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. (adv/kominfokaltim).


Tinggalkan Komentar