Pj Gubernur Akmal Malik Ajak Media Bersinergi Bangun Kaltim

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 18 Nov 2023 12:00 WITA
Pj Gubernur Akmal Malik Ajak Media Bersinergi Bangun Kaltim Gubernur Akmal Malik Gelar Silaturahmi dan Coffee Morning

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah membangun daerah, media berfungsi sebagai penyampai informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengajak para rekan media untuk bersinergi membangun Bumi Etam.

Apalagi, iklim kebebasan pers di Kaltim masih baik dan bahkan terbaik di Indonesia. Tahun 2023 ini Kaltim berhasil mempertahankan peringkat pertama pada Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) secara nasional. Peringkat teratas yang juga diraih di tahun sebelumnya yaitu 2022. Nilai IKP Kaltim mengalami peningkatan sebesar 0,60 dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 84,38 pada tahun 2023 dari 83,78 di tahun 2022. Meskipun terjadi penurunan pada IKP Nasional secara keseluruhan, Provinsi Kaltim tetap menunjukkan peningkatan.

“Selamat untuk teman-teman media, saya ingin memberikan apresiasi kepada rekan-rekan media. Silahkan berikan kritik silahkan juga berbicara, kami (pemerintah) berterima kasih karena itu semua untuk memperbaiki kinerja kita, untuk membangun Kaltim,” ucap Pj Gubernur Akmal Malik usai Silaturahmi dan Coffee Morning bersama awak media, Jum’at (17/112023).

Akmal juga menyampaikan, media sebagai sarana mengartikulasikan kepentingan masyarakat dan kemudian menyampaikannya kepada para perumus dan eksekutor kebijakan. Kanal informasi yang dimiliki oleh para rekan media ini.

Lanjut Akmal kedepannya diharapkan dapat pula dioptimalkan tidak hanya terkait isu-isu tertentu saja yang ada di center pemerintahan nasional atau daerah, melainkan dapat menjangkau aspirasi masyarakat di seluruh penjuru Kaltim.

“Kedepan, kita inginkan ada komunikasi dan kegiatan rutin dengan teman-teman media. Pertemuan selanjutnya bisa dikemas dengan konsep lebih tematik, sehingga teman-teman media bisa menyiapkan literasinya untuk ditanyakan, dan disajikan informasinya secara masif kepada publik, ” lanjutnya.

Pada akhirnya, bagi Akmal media bukan hanya sebagai penyedia informasi tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang dapat membentuk, membimbing, dan merefleksikan aspirasi masyarakat.

Oleh karena itu, penting untuk terus memperjuangkan kebebasan pers, etika jurnalistik dan transparansi dalam menjaga peran media sebagai wadah demokrasi yang sehat.

Membersamai kegiatan jumpa pers Pj Gubernur Akmal Malik pagi itu, nampak hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal, Kabid IKP dan Kehumasan Irene Yuriantini dan seluruh undangan yang terdiri dari rekan-rekan media di Kalimantan Timur. (adv/kominfokaltim).


Tinggalkan Komentar