Pj Gubernur Kaltim Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP

Wahyu Retno | Jumat, 10 Nov 2023 12:00 WITA
Pj Gubernur Kaltim Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Penjabat (Pj) Gubernur Kalimatan Timur (Kaltim), Akmal Malik memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 78

gerakanaktualnews.com, Samarinda – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimatan Timur (Kaltim), Akmal Malik memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 78 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda, Jumat (10/11/2023) pagi.

Upacara yang diikuti oleh para Kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemerintah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta unsur TNI dan Kepolisian itu berlangsung khidmat. Dalam upacara tersebut, Akmal Malik selaku Inspektur Upacara (Irup) membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI).

Hari Pahlawan ke-78 tahun ini, diperingati dengan mengusung tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat Indonesia  merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa. Seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” kata Akmal Malik membacakan amanat Mensos RI, Tri Rismaharini dalam Upacara Hari Pahlawan.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena,  Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Akmal juga menyampaikan, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ujarnya.
Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini, semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok tanah air.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” tutupnya.

Upacara diakhiri dengan Peletakan Karangan Bunga dan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian dirangkai dengan Pelaksanaan Tabur Bunga di makam pahlawan oleh para peserta upacara.
Bertindak sebagai Komandan Upacara, Mayor Czi Yatiman dari Korem 091/ASN. Turut hadir dalam Upacara Hari Pahlawan, Sekda Kaltim Sri Wahyuni, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Kapolda Kaltim Irjen Pol. Nanang Avianto.(adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar