Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2024 Dihadiri Asisten III

Amril Ibnu Marzuki | Rabu, 03 Apr 2024 12:00 WITA
Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2024 Dihadiri Asisten III Asisten III Pemkab Kukar, Dafip Haryanto Saat Menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Asisten III Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto menghadiri apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam Tahun 2024 di Mako Polres Kukar Jalan Robert Wolter Monginsidi kelurahan Timbau Tenggarong, Rabu (3/4/2024). 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Polres Kukar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H,dengan menggunakan sandi Ketupat Mahakam 2024.

Operasi terpusat tersebut akan di laksanakan mulai tanggal 4 April sampai dengan 16 April 2024. Bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat selama melaksanakan ibadah puasa dan dalam rangka menyambut hari raya idul fitri.

Acara diawali dengan pemeriksaan pasukan serta penyematan pita, yang dipimping langsung Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman yang diikuti barisan Kodim 0906 KKR, Polres Kukar, BNPD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMI Kukar dan sejumlah dinas instansi dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman mengatakan, Operasi Ketupat digelar selama 12 hari berlangsung 4 April 2023 sampai 16 April 2024. Selama Operasi Ketupat 2024 Polri juga akan melibatkan sejumlah 155.165 personel yang terdiri dari 1.150 personel Mabes, 85.046 personel Polda Jajaran, 68.969 personel instansi terkait.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka mengamankan Mudik dan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Seperti kita ketahui bahwa kerja keras bersama pada pengamanan mudik tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Berdasarkan survei indikator periode masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023,” ungkapnya.

Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat. Sehingga pengamanan mudik tahun 2024 mampu dilaksanakan dengan lebih baik lagi. Terlebih lagi Menteri Perhubungan RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan.

AKBP Heri Rusyaman juga mengatakan puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 6-8 April 2024. Sementara, arus balik diprediksi terjadi pada 14-15 April 2024.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa hati-hati, tahun ini adalah lompatan besar masyakat yang mudik, yakni 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikkan kurang 45 persen harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik,” terangnya.

Oleh karena itu, Kapolri bersama stakeholder terkait bersama-sama berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2024 selama 12 hari, sejak 4 April sampai dengan 16 April 2024. Polri khususnya Polantas bersama stakeholder terkait dan pemerintah mempunyai peran serta tanggung jawab guna meningkatkan kepedulian kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap budaya tertib berlalu lintas.

Lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian suatu negara yang sangat kompleks, oleh sebab itu pemeliharaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas sangatlah penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara. diharapkan dapat berjalan optimal efektif sesuai dengan tujuan sasaran dan target operasi Ketupat Mahakam Tahun 2024.

Selama pelaksanaan operasi ini kita harus mewaspadai potensi kerawanan-kerawanan antara lain terkait dengan kegiatan arus mudik masyarakat, ketersediaan bahan pokok, ancaman teror, cuaca ekstrem dan lain sebagainya. (adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar