BPD Desa Hambau dan Loa Sakoh, Dilantik Oleh Asisten I Pemkab Kukar

Muhammad Akbar | Jumat, 27 Nov 2020 12:00 WITA
BPD Desa Hambau dan Loa Sakoh, Dilantik Oleh Asisten I Pemkab Kukar Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) Ahmad Taufik Hidayat melantik anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Desa Hambau dan Desa Loa Sakoh Kecamatan Kembang Janggut.

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG  - Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar)  Ahmad Taufik Hidayat melantik anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Desa Hambau dan Desa Loa Sakoh Kecamatan Kembang Janggut. Yang digelar di Gedung BPU Desa Hambau. Jumat (27/11/2020).

Pada kesempatan tersebut, yang dilantik adalah Bayu Kurnianto sebagai Ketua BPD Loa Sakoh dan Suriansyah sebagai Ketua BPD Desa Hambau, dan pelantikan ini disaksikan oleh Camat Kembang Janggut Tego Yuwono.

“Pelantikan menjadi moment penting bagi BPD dalam membantu percepatan proses perubahan APBDes 2020 sebagai tindak lanjut amanat Menteri Desa PDTT, Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri terkait penanganan Covid 19 melalui APBDes,”kata Ahmad Taufik. 

Selain itu, Taufik berharap kepada BPD akan Duduk bersama kades dalam melakukan pembahasan RKPDes 2021 dan sekaligus penyiapan penyusunan APBDes 2021. Pada masa tanggap darurat Covid-19, desa diarahkan sesuai dengan kewenanganya agar turut melakukan penanganan.

“Harapnya, peran BPD pada masa tanggap darurat Covid-19 ini bisa membantu dalam penganggaran melalui perubahan APBDes bersama kades,”imbuhnya.

Pada tahun 2021 nanti, prioritas penggunaan dana desa diarahkan untuk program percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Melalui pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas desa, sesuai kewenangan desa, dan adaptasi kebiasaan baru desa, juga penguatan peran PKK dalam pembangunan desa yang bertujuan memperdayakan perempuan sebagai garda terdepan dalam mengerjakan roda pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam unit kecil yaitu keluarga.  (adv)


Tinggalkan Komentar