Bupati Kukar Luncurkan Aplikasi Geprek Sambar

Muhammad Akbar | Kamis, 18 Mei 2023 12:00 WITA
Bupati Kukar Luncurkan Aplikasi Geprek Sambar -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Mempercepat proses pelayanan kependudukan khususnya perekaman KTP-el, Pemerintah Kecamatan Samboja Barat meluncurkan inovasi berbasis aplikasi yang diberi nama Geprek Sambar (Gerakan Percepatan Perekaman Kependudukan Samboja Barat) KTP-el dan IKD (Identitas Kependudukan Digital).

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama wakil bupati Rendi Solihin dan didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) M. Irianto dan Camat Samboja Barat Burhanuddin, melaunching aplikasi Geprek Sambar. 

Peluncuran aplikasi Geprek Sambar tersebut dalam rangka percepatan proses pelayanan kependudukan khususnya perekaman KTP-el, Pemerintah Kecamatan Samboja Barat.   

Peluncuran inovasi GEPREK SAMBAR KTP-el dan IKD merupakan wujud Digitalisasi Pelayanan Publik (DISAPA) sebagai program dedikasi KUKAR IDAMAN.

“Perekaman jemput bola KTP-el dan IKD merupakan upaya pelayanan inovasi terintegrasi dan sinergitas kerjasama GEPREK SAMBAR sebagai gerakan sadar administrasi kependudukan. Mengingat masih banyaknya wajib KTP yang belum melakukan perekaman dan penduduk yang memasuki usia wajib KTP. Ini bentuk upaya dan antisipasi yang harus segera diselesaikan,” ucapnya beberapa waktu lalu. 

Berdasarkan data yang dihimpun, tahun ini, dari 521.174 wajib KTP sebanyak 98,77 persen telah masuk dalam progres perekaman. Capaian ini tak terlepas dari upaya jemput bola yang melibatkan tingkat kecamatan.

“Sasaran pemuktahiran GEPREK SAMBAR ini, salah satunya untuk pemilih baru berusia 17 tahun, dan sudah menikah di bawah usia 17 tahun. Kemudian pensiunan TNI dan Polri supaya dapat mengunakan hak pilihnya,” pungkasnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar