Bupati Kukar Resmikan SPAM Ritan Baru dan Pulau Pinang 

Amril Ibnu Marzuki | Rabu, 06 Des 2023 12:00 WITA
Bupati Kukar Resmikan SPAM Ritan Baru dan Pulau Pinang  Bupati Kukar, Edi Damansyah Resmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Beberapa Desa

 

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di beberapa desa yakni Desa Gunung Sari, Desa Ritan Baru Tabang dan Desa Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut pada kunjungannya di kecamatan Tabang, Senin kemarin.

Bupati disambut dengan tari – tarian, juga dilakukan penandatanganan prasasti, pemotongan bambu dan pemotongan pita menandai peresmian SPAM tersebut.

SPAM Desa Ritan Baru merupakan program kolaborasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) wilayah hulu dengan Pemkab Kukar sedangkan SPAM Desa Pulau Pinang Kecamatan Kembang Janggut, dana pembangunannya bersumber dari APBD 2021-2022 dengan kapasitas 30 liter per detik.

“Terima kasih atas kolaborasi yang baik antara Dinas Perkim Kukar, Perumda Air Minum Tirta Mahakam Kukar bersama PT Bayan Group yang telah dalam memfasilitasi air bersih untuk warga di 2 Kecamatan ini, semua ini sesuai dengan janji kami dalam dedikasi Kukar Idaman untuk melakukan penyediaan air bersih dipelosok – pelosok desa,” ujarnya.

Edi berharap dalam pengoperasiannya yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Mahakam Kukar cabang Tabang dan Kembang Janggut bisa dilakukan hati – hati dan baik.

“Kepada semua petugas agar bisa memperhatikan dengan baik, tentu harus dengan yang benar ahli dibidang ini. Karena air ini adalah layanan dasar jangan sampai salah dalam pengoperasiaanya," pintanya.

Ia mengimbau agar semua pihak saling menjaga SPAM tersebut agar berjalan lancar dan dinikmati oleh seluruh Masyarakat yang ada di desa dan sekitarnya. Begitu pula dengan Kepala Desa harus membentuk forum pelanggan yang bisa mengontrol kebutuhan air dan keluhan masyarakat.

“Semoga ditahun 2024 mendatang di 2 Kecamatan ini Tabang dan Kembang Janggut sudah tidak ada lagi desa yang tidak merasakan layanan air bersih, baik itu kami lakukan sendiri Pemkab Kukar maupun berkolaborasi dengan perusahaan yang ada. Namun ada beberapa titik yang tingkat kesulitannya tinggi menerima layanan air bersih, ini juga masih diusahakan agar mendapatkan solusinya,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut selain meresmikan SPAM, Bupati Edi Damansyah juga menyerahkan bantuan UMKM, peralatan olahraga dan menawarkan program bantuan kredit Kukar tanpa bunga untuk para Petani dan Pelaku Usaha di Kecamatan Kembang Janggut.

Turut hadir dalam acara Kepala Dispar Slamet Hadi Raharjo, Plt Kepala Disperkim M Aidil, Camat Tabang Ramadani Hidayat, Camat Kembang Janggut H Halim, Kepala DKP Kukar Muslik, Kepala Distanak Muhammad Taufik, Kepala Dinsos H Hamly, Kepala DPMD Kukar Arianto, Kepala Dinas ketahanan Pangan Kukar Sutikno, Direktur Perumda Air Minum Tirta Mahakam Suparno, Pimpinan Bank Kaltimtara cabang Tenggarong Eryuni Ramli Okol dan undangan lainnya. (*)


Tinggalkan Komentar