Bupati Resmikan LKSA Bayan Berbagi Asa Dan Memberi Apresiasi PT Bayan Group Ambil Bagian Menjamin Hak-Hak Anak Kukar

Muhammad Rusli | Selasa, 05 Des 2023 12:00 WITA
Bupati Resmikan LKSA Bayan Berbagi Asa Dan Memberi Apresiasi PT Bayan Group Ambil Bagian Menjamin Hak-Hak Anak Kukar Peresmian Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bayan Berbagi Asa

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bayan Berbagi Asa ditandai dengan penandatanganan prasasti, di Camp Site PT Indonesia Pratama Bayan Group Kecamatan Tabang, Senin (4/12/2023).

Kegiatan yang juga turut dihadiri diantaranya Direktur PT Bayan Leong Kim Wah beserta jajaran, Kadis Sosial Hamly, Kadis PMD Kukar Arianto, Kadis Pariwisata Kukar Selamet Raharjo, Kadis Perikanan Muslik, Kadis Pertanian Muhammad Taufik, Camat Tabang Rakhmadani Hidayat tersebut diawali dengan penyerahan Surat Izin Operasional Lembaga Kesejahteraan Sosial bagi LKSA Bayan Berbagi Asa, dan bantuan kaki palsu kepada salah satu masyarakat penyandang disabilitas, serta bantuan pendidikan bagi pelajar disabilitas oleh Bupati Kukar Edi Damansyah.

Kepala Tekhnik Tambang PT Bayan Group Wahyudin dalam laporannya mengatakan bahwa pendirian LKSA Bayan Berbagi Asa tersebut diprakarsai oleh pendiri dari PT Bayan yaitu Datuk Low Tuck Kwong, yang mana menurutnya hal tersebut didasari oleh kepeduliannya terhadap anak-anak yang kurang beruntung maupun terlantar di tengah-tengah masyarakat.

Dengan adanya LKSA ini diharapkan kedepannya para anak-anak tersebut akan lebih terurusi, lebih baik, dan lebih mandiri, serta memiliki kepribadian yang berkarakter kuat.

“LKSA Bayan Berbagi Asa ini telah beroperasi dan mendapatkan izin, dimana ada sekitar 15 anak (putra-putri -red), dan para pengasuh yang berkompeten, proporsional, dan ini akan terus berkembang sesuai jumlah anak-anak penghuninya nanti,” ujar Wahyudin.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Kukar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada manajemen PT Bayan Group yang telah berkomitmen tinggi terhadap Kabupaten Kukar, khususnya terkait bagaimana PT Bayan Group dalam membangun wilayah disekitar konsesinya.

Lebih lanjut, Edi Damansyah menyampaikan kepada semua pihak yang hadir pada kesempatan tersebut, bahwasanya apa yang telah dilaksanakan oleh PT Bayan Group tersebut merupakan salah satu tugas negara yang diatur oleh konstitusi, dimana menurutnya pakir miskin dan anak terlantar harus diurus oleh negara.

“Pada kesempatan ini saya sangat berterimakasih bahwa peran negara bagian mengurus parkir miskin dan anak terlantar juga mendapat perhatian oleh manajemen Bayan Group,” ucap Edi Damansyah.

Edi Damansyah pada kesempatan tersebut menceritakan rencana pembangunan LKSA tersebut telah disampaikan kepada dirinya tiga tahun yang lalu, namun dalam prosesnya meski melalui birokrasi yang cukup panjang, yang menjadi urusan dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah. namun demikian dirinya bersyukur akhirnya LKSA Bayan Berbagi Asa tersebut saat ini telah bisa beroperasi.

“Kita bersyukur hari ini dari sisi administratif perijinannya juga sudah selesai, fisiknya sudah selesai, dan juga kita bersyukur bahwa lembaga ini sudah ada anak-anak yang menempati sebagai binaan dan asuhannya,” ucap Edi Damansyah.

Dirinya berharap kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait baik dari tingkat provinsi maupun kabupaten Kukar untuk memberikan dukungan kepada lembaga tersebut, khususnya dalam memberikan pendampingan maupun super visi terkait standar operasional prosedur sehingga komitmen dari PT Bayan Group tersebut bisa diwujudkan dengan sebaik-baiknya.

Edi Damansyah mengatakan, dari informasi yang disampaikan kepada dirinya bahwasanya lembaga tersebut dibangun oleh PT Bayan Group tidak dikhususkan bagi anak-anak yang berada di sekitar konsesinya (Kecamatan Tabang-red) semata, namun keberadaan lembaga tersebut di peruntukan bagi seluruh anak-anak yang kurang beruntung di wilayah Kabupaten Kukar.

Diakhir sambutannya, Edi Damansyah kembali mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Bayan Group atas kontribusi dan komitmennya dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia yang ada di Kukar.

Sekedar informasi, kegiatan pun diakhiri dengan peninjauan beberapa ruangan yang berada di LKSA Bayan Berbagi Asa seperti ruang pengasuh, ruang belajar, dan ruang tempat tidur, serta ruang makan. (adv)


Tinggalkan Komentar