Dongkrak Ekonomi Pariwisata Melalui Museum Lesong Batu

Muhammad Akbar | Senin, 23 Nov 2020 12:00 WITA
Dongkrak Ekonomi Pariwisata Melalui Museum Lesong Batu Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Bidang Hukum dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kabupaten Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, pada Hari Senin (23/11/2020).

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG -Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Pengelolaan Museum Lesong Batu, dalam rangka mendongkrak kemajuan sector ekonomi pariwisata, digelar di Kecamatan Muara Kaman, di Ruang Museum Lesong Batu Desa Muara Kaman Ulu Kecamatan Muara Kaman.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Bidang Hukum dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kabupaten Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, pada Hari Senin (23/11/2020).

Dalam sambutannya, Akhmad Taufik mengatakan salah satu komitmen nyata pemerintah daerah melalui Balitbangda dalam fasilitasi FGD tentang pengelolaan Museum Lesong Batu di Kecamatan Muara Kaman guna memajukan perekonomian sektor pariwisata di Kabupaten Kukar dan juga sebagai bahan atau data penunjang dalam menyusun kebijakan teknis daerah terhadap legalitas.

"Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk fokus mengembangkan kemajuan perekonomian sektor pariwisata di Kabupaten Kukar dengan diskusi pengelolaan Museum Lesong Batu di Kecamatan Muara Kaman," ujar Akhmad Taufik Hidayat.

Lebih lanjut Hardi juga mengatakan dengan momentum ini, semoga terjalin sinegritas bagi stakholder terkait lebih termotivasi untuk membuat terobosan dan inovasi, guna mendongkrak kemajuan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kukar.

"Adanya komitmen dan langkah-langkah yang konkret dalam membuat kesepakatan maupun sinergitas untuk meningkatkan kemajuan perekonomian sektor pariwisata di Kabupaten Kukar," ujarnya.

Lanjut kembali Akhmad Taufik, berharap kepada para peserta FGD agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik serta lebih fokus kepada permasalahan atau kendala yang disampaikan oleh narasumber.

"Atas nama pemerintah daerah saya mengharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan FGD ini dengan baik dan tentunya dapat menciptakan kesepakatan yang baik serta adanya tindak lanjut dari apa yang sudah disepakati bersama", harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia selaku Kepala Balitbangda Akhmad Hardi Dwi Putra mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan lebih memantapkan regulasi serta sinegritas yang positif dengan masyarakat di Kecamatan Muara Kaman dapat terjalin baik dan harmonis.

dengan tujuan yang sama untuk memajukan pengelolaan Museum Lesong Batu yang ada di Kecamatan Muara Kaman sehingga dapat menunjang program pemerintah daerah kabupaten Kukar dalam meningkatkan pe dapatan asli daerah.

"Melalui Forum FGD ini kita Sinergikan dan satukan tujuan guna memaksimalkan program tahun kunjung museum dengan berbagai kegiatan, serta meningkatkan apresiasi dan kepedulian masyarakat terhadap warisan budaya bangsa, sehingga museum menjadi lebih semarak dan hidup pengelolaannya, dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian dan PAD di kabupaten kukar," kata Hardi. (adv)


Tinggalkan Komentar