Evaluasi Kinerja Dinkes, Sekda Apresiasi UPTD Puskesmas Terbaik di Kukar 

Amril Ibnu Marzuki | Minggu, 10 Mar 2024 12:00 WITA
Evaluasi Kinerja Dinkes, Sekda Apresiasi UPTD Puskesmas Terbaik di Kukar  Rapat Evaluasi Evaluasi Kinerja Bidang Kesehatan Triwulan IV Tahun 2023 dan Triwulan I Tahun 2024

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Rapat evaluasi yang diikuti para direktur RSUD, para Kepala UPTD Puskesmas dan jajarannya se Kutai Kartanegara serta dihadiri Direktur RSUD AM Parikesit yang juga mantan Kadis Kesehatan Martina Yulianti itu dilaksanakan selama 2 hari, tgl 8 dan 9 Maret 2024.

Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono memberikan arahan pada rapat Evaluasi Kinerja Bidang Kesehatan Triwulan IV Tahun 2023 dan Triwulan I Tahun 2024 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) di Hotel Fugo Samarinda, kemarin lalu.
Sunggono menyebutkan dari hasil pantauannya ada beberapa Dinas yang sudah memiliki kebijakan melaksanakan kegiatan evaluasi ini, patut dihargai sepanjang bisa memberikan kontribusi positif dan kegiatan evaluasi itu dilaksanakan bersifat bottom up dan top down yang nyambung.

“Beberapa OPD yang saya pernah diundang hadir ada kesan kegiatan evaluasi itu hanya sekedar memenuhi kaidah penyerapan anggaran yang sudah ada di RKA, saya meyakini dinas Kesehatan tidak seperti itu, karena saya mengikuti kegiatan evaluasi ini sejak tahun lalu,” ujar Sunggono.

Disebutkannya kegiatan evaluasi berjalan ketika target capaian kinerja OPD nya linier dengan hasil, minimal target kinerja yang sudah ditetapkan terevaluasi secara benar output dan outcomenya bisa dilihat di tahun selanjutnya.

“Ukuran yang paling sederhana yang saya sampaikan disini, misalnya bahwa sektor bidang kesehatan di tahun 2022 dan 2023 itu mendapat panji keberhasilan dari Pemerintah Propinsi Kaltim," jelasnya.

Sunggono berharap evaluasi kinerja ini bisa memberikan gambaran seperti apa kinerja Dinas Kesehatan pada triwulan ke IV tahun lalu (2023), dan seperti apa pelaksanaan kegiatan di tahun 2024.

“Saya berharap dari evaluasi kinerja ini bisa terpetakan permasalahan dalam pembangunan kesehatan dan fokus perbaikan ke depan agar tujuan dan target kinerja dapat tercapai,” harapnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan apresiasi kepada para Kepala UPTD Puskesmas atas keberhasilan dengan pemberian piagam penghargaan yang diserahkan Sekda Sunggono kepada tiga orang kepala Puskesmas di Kukar.(adv/Kominfokukar)


Tinggalkan Komentar