HUT Desa Selerong ke-104 Digelar Pelas Banua Tempong Tawar Menjamu Kampung

Muhammad Akbar | Sabtu, 15 Okt 2022 12:00 WITA
HUT Desa Selerong ke-104 Digelar Pelas Banua Tempong Tawar Menjamu Kampung -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pembukaan Pelas Banua Tempong Tawar Menjamu Kampung dalam rangka memperingati HUT ke-104 Desa Selerong, dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah. 

Agenda pelaksanaan peringatan HUT Desa Selerong ke-104 digelar di Alun-alun Kantor Desa Selerong, Kecamatan Sebulu, pada hari Sabtu (15/10/2022). 

Acara diawali dengan persembahan dari Lamin seribu satu Mandau Nusantara, dilanjutkan dengan Tari Belian dan pembukaan kuliner Pelas Benua (beserawenan) dari berbagai Desa di Kecamatan Sebulu.

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono, Camat Sebulu Edy Fahruddin, Kades Selerong Badrun, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rinda Desianti duduk bersama masyarakat menikmati hidangan yang dipersembahkan oleh masyarakat Selerong dan sekitarnya di acara kuliner Pelas Benua.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan Zumba party, hiburan rakyat, festival seni dan budaya, olah raga tradisional dan akan diakhiri dengan Haul jamak dan Ziarah ke makam-makam pejuang Desa Selerong.

Dalam sambutannya Bupati Edi mengucapkan selamat hari jadi Desa Selerong ke-104 Tahun.

“Desa Selerong diusianya yang ke-104 tahun ini diharapkan terus tumbuh dan berkembang bersama jati dirinya yang unik,” ucap orang nomor satu di Kukar itu.

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat yang berada dalam wilayah Desa Selerong untuk terus berbenah dengan memberikan kontribusi nyata bagi desanya.

Selain itu, Edi meminta kegiatan seperti ini terus dilakukan agar bisa menjadi hiburan berkualitas bagi masyarakat dan dapat meningkatkan ekonomi desa dan masyarakat.

“Dengan banyaknya event yang berlangsung maka akan banyak pula masyarakat yang datang dan pastinya perekonomian juga akan tumbuh dan berputar,” sebutnya. 

Edi meminta kepada para generasi muda di Desa Selerong untuk turut menjaga kelestarian adat dan budaya desanya yang teraktualisasi dalam beragam kesenian.

Menurutnya, para generasi muda juga perlu bergerak secara nyata untuk mengenalkan potensi keanekaragaman budaya di desanya hingga dapat dikenal secara luas melalui kekhasan dan keunikannya.

Kata Edi, dilaksanakannya acara ini turut mendukung pencapaian salah satu program visi Kukar Idaman, yakni Kukar Kaya Festival.

Dimana Pemkab Kukar mengadakan 100 festival yang bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan UMKM agar terus berkembang.

Diakhir, ia mewakili Pemkab Kukar juga mengapresiasi seluruh pihak yang berkontribusi atas terselenggaranya acara Pelas Benua Tempong Tawar Menjamu Kampong dalam rangka HUT ke-104 Desa Selerong.

“Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada kades yang pada ulang tahun desa tetap mengusung tinggi adat istiadat dan budaya dengan mengelar pesta budaya, berbagai macam perlombaan olahraga tradisional dan kuliner khas desa serta tak melupakan jasa-jasa leluhur dengan melakukan haul Jamak,” tutup Edi Damansyah. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar