Kafilah Kukar Juara Umum Enam Kali, Bupati Pesan Tetap Lakukan Evaluasi

Muhammad Akbar | Selasa, 23 Mei 2023 12:00 WITA
Kafilah Kukar Juara Umum Enam Kali, Bupati Pesan Tetap Lakukan Evaluasi -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Sambut kedatangan Kafilah Kukar Sebagai rasa syukur atas keberhasilan mempertahankan predikat juara umum ke-6 kalinya berturut - turut di Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat propinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ke 44 di Balikpapan.

Penyambutan kontingen Kafilah kukar berlangsung di Masjid Agung Sultan Sulaiman, yang dipimping langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Wakil Bupati Rendi Solihin, pada Senin (22/5/2023).

Selain itu juga turut hadir Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Sekretaris Daerah (Sekda) Sunggono, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kukar Nasrun, juga para camat dan lurah se-kabupaten Kukar. 

Atas raihan prestasi tersebut, Edi berpesan agar jangan berpuas diri, namun bagaimana keberhasilan ini bisa diimplementasikan di dalam program pengembangan tilawatil Qur'an. 

"Alhamdulillah kita sudah 6 kali berturut turut mendapat juara umum MTQ tingkat propinsi, terima kasih kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi pada pembinaan dan pengembangan tilawatil Qur'an. Sehingga Kukar bisa juara umum kembali," kata Edi Damansyah.

Sekda Sunggono selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kukar menyebutkan keberhasilan Kukar menjadi juara umum keenam kalinya berturut-turut pada MTQ tingkat provinsi Kaltim, tidak lepas dari pembinaan selama ini telah dilakukan semua pihak yang terlibat.

Dari pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan, MTQ tingkat kabupaten hingga mengirim para kafilah ke lembaga pendidikan Alqur'an di luar Kalimantan. 

Ia mengatakan apabila ada kecamatan yang tidak melaksanakan MTQ, maka tidak akan diikutkan dalam MTQ tingkat kabupaten. 

"Sebagaimana pesan pak bupati, jadikan pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan sebagai salah satu ukuran kinerja sekcam bukan camat, karena LPTQ tingkat kecamatan di bawah sekcam sebagai ketua ex officio," ujar Sunggono. 

Sunggono juga mengungkapkan pihaknya telah melakukan sertifikasi pelatih tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh Institut Ilmu Alqur'an (IIQ) Jakarta, dari 197 peserta yang mengikuti dari seluruh masyarakat Kukar yang direkomendasikan LPTQ kecamatan, sebanyak 176 dianggap memenuhi syarat untuk menjadi pelatih yang bersertifikasi. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar