Kaleidoskop Kukar Target Pasar Tangga Arung, RSUD Muara Badak dan Gedung Baru RSUD AM Parikesit 

Muhammad Akbar | Sabtu, 03 Jun 2023 12:00 WITA
Kaleidoskop Kukar Target Pasar Tangga Arung, RSUD Muara Badak dan Gedung Baru RSUD AM Parikesit  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Revitalisasi Pasar Tangga Arung dan pembangunan RSUD Muara Badak ditargetkan selesai tahun ini.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar optimistis merampungkan dua proyek besar itu pada akhir 2023.

Sebagai informasi, dua proyek prestisius tersebut menelan anggaran sekitar Rp. 233 miliar.

Dengan rincian, revitalisasi pasar Tangga Arung sebesar Rp. 165 miliar, sementara itu pembangunan RSUD di Muara Badak senilai Rp. 68 miliar. Dua proyek akan diselesaikan sesuai target selama tidak ada kendala yang berarti.

Menurutnya hal itu sesuai target RPJMD Kukar 2021-2026, terkait revitalisasi pasar dan rumah sakit Muara Badak. Mudah-mudahan 2023 sesuai komitmen, selesaikan dan bisa tepat waktu tahun ini.

Rumah sakit di Muara Badak sudah lama dinanti-nantikan oleh warga setempat. Tidak hanya bagi warga Muara Badak, juga dinantikan warga Kecamatan Marangkayu dan Kecamatan Anggana.

Pasalnya, selama ini jarak tempuh untuk berobat terbilang jauh. Masyarakat harus menempuh jarak yang jauh bila ingin berobat ke RSUD AM Parikesit, Tenggarong.

Alih-alih Tenggarong, warga memilih Samarinda sebagai tujuan lokasi berobat terdekat dengan jarak tempuh 3 jam perjalanan

Kemudian pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab) Kukar, juga melakukan pengembangan dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan menambah gedung baru RSUD AM Parikesit Tenggarong dengan luas 27,6 hektare.

Nilai lahan yang berlokasi di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang tersebut diperkirakan mencapai Rp. 67 miliar.

Pemkab Kukar telah menganggarkan pembangunannya melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dengan nilai Rp. 108 miliar.

Sekkab Kukar Sunggono menuturkan, rencananya pembangunan gedung anyar itu akan dibangun dengan tipe B. Dengan harapan, kehadiran gedung ini nantinya bisa semakin meningkatkan pelayanan Pemkab Kukar untuk masyarakat. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar