Kemah Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama 2023 Dibuka Bupati Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Minggu, 08 Okt 2023 12:00 WITA
Kemah Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama 2023 Dibuka Bupati Kukar Bupati Kukar, Edi Damansyah Saat Meresmikan Kemah Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Kemah Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama Kabupaten Kukar tahun 2023 di Bumi Perkemahan Kitadin, Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang, resmi dibuka Bupati Kukar Edi Damansyah, Sabtu (7/10/2023). 

Perkemahan ini merupakan kerja sama antar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar dengan PT Kitadin. Bupati Edi Damansyah dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Manajemen PT Kitadin. Keberadaan PT Kitadin di Kabupaten Kukar, khususnya di Tenggarong Seberang merupakan generasi pertama batu bara yang ada di Kukar. Setelahnya, ada Fajar Bumi Sakti di Loa Ulung. 

"Tentunya keberadaan PT Kitadin tidak hanya memberikan kontribusi kepada negara, juga memberikan kontribusi kepada Kukar khususnya Tenggarong Seberang dan sekitarnya," ujarnya. 

Edi juga menyampaikan terima kasih, karena pada penghujung perizinannya dan dalam persiapan rencana penutupan tambang RPT, PT Kitadin berdonasi menyediakan ruang untuk kegiatan para pemuda.  

"Sebelumnya kawasan ini memang kami usulan sebagai zona kawasan bumi perkemahan Gerakan Pramuka Ranting Kecamatan Tenggarong Seberang,” ucapnya. 

Dulunya, di Pramuka 18 kecamatan semua menginginkan ada Lokasi Bumi Perkemahan di Kecamatan, pada waktu itu Kwaran Tenggarong Seberang yang aktif. Sehingga Pemkab Kukar berkoodinasi dengan manajemen PT Kitadin menyediakan kurang lebih 5 ha didonasikan untuk bumi perkemahan. 

"Semoga ini bisa tetap dipertahankan sehingga donasi ini bukan hanya untuk adik-adik pramuka, tapi juga untuk kegiatan-kegiatan lainnya. Dan kawasan ini nantinya bisa tetap dioptimalkan di dalam pemanfaatannya, tentunya aktivitasnya dalam kegiatan, karena ini namanya paska tambang batu bara. Kawasan perkemahan ini sangat luar.m biasa, karena tidak dimiliki oleh kecamatan lain yang ada di Kukar,” jelasnya. 

Edi berharap, seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang, utamanya yang berkaitan dengan keberadaan kawasan perkemahan ini bisa bekerja sama dengan pramuka. Juga mendorong lokasi tersebut sebagai kawasan pelatihan, kawasan untuk menumbuhkan usaha mikro kecil, terutama peran generasi milenial dan generasi gadget di Kukar.  

Kepala Seksi Tambang PT Kitadin, Bonasasius Tetiva mengatakan, lokasi yang dijadikan perkemahan ini adalah lokasi pasca tambang PT Kitadin. Dalam penyusulannya, pihaknya sangat berterima kasih bantuan dan dukungan dari Pemkab Kukar serta jajaran OPD. Sehingga, PT Kitadin bisa menyelesaikan semua penyusunan dokumen dan salah satu yang dijanjikan adalah bumi perkemahan ini.

"Kami diberi waktu untuk menyelesaikan pasca tambang sampai 2027, waktu yang tidak terlalu panjang, mudah-mudahan kami dapat menyelesaikan sesuai dengan rencana dan tepat waktu," sebutnya. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar