KPU dan Bawaslu Tandatangani Naskah Belanja Hibah Bersama Bupati Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 21 Okt 2023 12:00 WITA
KPU dan Bawaslu Tandatangani Naskah Belanja Hibah Bersama Bupati Kukar Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah Bersama Ketua KPU Kukar Purnomo dan Bawaslu Teguh Wibowo Tandatangani Naskah Belanja Hibah

gerakanaktualnews.com, enggarong – Penandatanganan naskah belanja hibah yang dilakukan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Ketua KPU Kukar Purnomo dan Bawaslu Teguh Wibowo, disaksikan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda, bertempat di Pendopo Odah Etam, pada Jumat (20/10/2023).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan agenda demokrasi khususnya tahap demi tahap pelaksanaan pemilu tahun 2024 sudah berjalan dengan baik di kukar.

“Tentunya, penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu sudah melaksanakan tugas dan fungsinya sehinga berjalan baik,” katanya.

Penandatanganan naskah biaya hibah, kata Edi Damansyah yakni biaya untuk pelaksanaan pemilu di Kukar dan sudah ada mekanisme yang diatur dalam perundangan yang berlaku.  Pemkab Kukar pun berkomitmen untuk merealisasikannya kepada KPU dan Bawaslu dan diiringi juga belanja hibah kepada Kapolres dan Dandim 0906 berkaitan dengan pengamanan pemilu.

“Saya berharap naskah belanja hibah yang sduah ditandatangani ini dapat dipergunakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan sistem pelaporan dan pertanggungjawaban juga harus dilaksanakan dengan baik, sehingga tetap menjaga tata kelola keuangan terus membaik karna setiap tahunnya diaudit dan mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI,” harap Edi Damansyah.

Selain itu, kata Edi Damansyah pemkab Kukar bersama Forkopimda juga terus membangun sinergitas dalam mensukseskan pesta demokrasi di Kutai Kartanegara, bahkan sudah terlihat dinamika yang terjadi dilapangan dan bisa terkendali dengan baik.

“Saya berharap sinergisitas yang selama ini kita bangun terus terjalin dan ditingkatkan dengan baik,” ujarnya.

Menurut Edi, Pemkab Kukar juga memiliki peran yang diamanahkan oleh undang-undang untuk membangun demokrasi berjalan baik di Kukar. Salah satu indikator dalam pelaporannya adalah penyelenggarakaan demkrasi yang dilaporkan baik provinsi maupun kemendagri  bahwa demokrasi di Kukar sudah berjalan baik dan mendapat predikat baik.

Kendati demikian, Edi Damansyah mengakui bahwa tantangan dalam pembangunan demokrasi masih menjadi tugas dan tanggungjawab bersama, salah satunya memberikan edukasi demokrasi kepada masyarakat sehingga peningkatan partisipasi pemilh terus meningkat.

“Pemkab Kukar pun terus mendorong dan mensosialisasikan agenda pesta demokrasi kepada masyarakat, sehingga diharapkan partisipasi dalam pemilu terus meningkat dan ini sudah berjalan ditiap kecamatan. Saya juga minta para camat dibantu pihak koramil setempat agar terus bersinergi memberikan edukasi demokrasi kepada masyarakat,” demikian harapnya. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar