Lantik BPD Santan Ulu dan Semangko, Edi Berharap BPD Jadi Corong Suara Untuk Kepentingan Masyarakat

Muhammad Akbar | Senin, 01 Nov 2021 12:00 WITA
Lantik BPD Santan Ulu dan Semangko, Edi Berharap BPD Jadi Corong Suara Untuk Kepentingan Masyarakat Dilantik oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di Balai Pertemuan Umum (BPU) kecamatan Marangkayu

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Semangkok dan Santan Ulu diambil sumpah dan sekaligus dilantik oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah di Balai Pertemuan Umum (BPU) kecamatan Marangkayu pada Senin (1/11/2021). 

Edi mengatakan, BPD merupakan salah satu pilar yang sangat penting dan strategis. BPD, kata dia, merupakan representasi dari masyarakat desa secara keseluruhan. 

"BPD harus menjadi corong suara bagi kepentingan masyarakat, "jelasnya.

BPD tidak hanya menjadi mitra strategis kepala desa dalam menjalankan pemerintahan. Mitra yang kritis bagi pemerintah desa dalam melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Berikan apresiasi jika kepala desa menjalankan pemerintahan desa dengan baik dan ingatkan, tegur serta koreksi jika melakukan kesalahan," imbuhnya. 
 
BPD diharapkan bisa menjadi lembaga yang mengayomi semua kepentingan di desa. BPD sendiri harus bisa berdiri diatas semua kelompok dan golongan serta, harus bisa menjadi pemimpin dan pelayan bagi masyarakatnya. 

Pemkab sendiri juga berfokus pada percepatan pembangunan desa. Ini terbukti dengan komitmen Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana Desa (DD) untuk memperkuat fiskal Desa. 

Setiap desa juga didorong untuk menetapkan kegiatan terintegrasi antar desa dalam pendekatan pengembangan kawasan ekonomi desa, juga pemkab telah membentuk Gugus Tugas Pendampingan Desa sebagai fasilitas dalam peningkatan kapasitas desa. (adv)


Tinggalkan Komentar