Loa Kulu dan Loa Janan jadi lokasi uji coba Transformasi Digital 

Muhammad Akbar | Kamis, 04 Nov 2021 12:00 WITA
Loa Kulu dan Loa Janan jadi lokasi uji coba Transformasi Digital  Dinas Sosial (Dinsos) Kukar bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar sosialisasi uji coba Transformasi Digital

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dinas Sosial (Dinsos) Kukar bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar sosialisasi uji coba Transformasi Digital Penyaluran Bantuan Sosial non-Tunai. Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinsos Kukar, Hamly di Ruang Serba Guna, Kantor Dinsos Kukar, Kamis (4/11/2021).

Hamly mengatakan, program-program nasional sudah cukup lama berlangsung di Kukar. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH) sejak tahun 2013 lalu, pembayarannya dibayarkan melalui Kantor Pos, kemudian beralih melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) 2017. Sedangkan untuk Program BPNT dimulai 2018, yang merupakan penganti program Beras Sejahtera (Rastra).

"Penyaluran bantuan sosial non tunai untuk membangun metode penyaluran bantuan yang memudahkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di wilayah Kab Kukar,"ujarnya.

Realisasi penyaluran alokasi bantuan PKH 2021 dipilih dua kecamatan yang ada di Kukar yakni kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Loa Kulu. Untuk kecamatan Loa Janan yang mendapatkan PKH, yakni Desa Loa Duri Ilir sebesar Rp. 218.700.000 dengan realisasi penyaluran 99.1 persen yaitu Rp. 216.775.000 sedangkan untuk Kecamatan Loa Kulu yakni Desa Margahayu dengan alokasi PKH sebesar Rp. 135.675.000 dengan realisasi penyaluran 99,7 persen yaitu sebesar Rp. 135.300.000.

Perwakilan Kementerian Sosial, Ety Humaini menuturkan, tujuan dari uji coba transformasi digital ini adalah menguji rancangan dan mekanisme transaksi dalam penyaluran bantuan sosial non tunai, serta memastikan kesiapan dan keterlibatan semua pihak yang terkait termasuk pemangku kepentingan.

Kisaran besar bantuan uji coba ini untuk PKH diberikan sesuai besaran per penyaluran. Untuk program sembako sebesar Rp. 200 ribu, kemudian bantuan subsidi LPG sebesar Rp. 60 ribu dan bantuan subsidi listrik Rp. 50 ribu. (adv)


Tinggalkan Komentar