Muara Kaman Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Muhammad Akbar | Kamis, 26 Nov 2020 12:00 WITA
Muara Kaman Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan Kepala Balitbangda Kukar Akhmad Hardi Dwi Putra mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menelusuri peninggalan Kerajaan Mulawarman Ing Martadipura yang ada dan menganalisis sejarah yang ditemukan di lapangan.

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Muara Kaman merupakan salah satu wilayah di Kalimantan Timur yang mengandung misteri sejarah sejak masa Kerajaan Mulawarman Abad IV/VM sampai dengan akhir abad XIX. 

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar bekerjasama dengan Balai Pelestarian cagar Budaya (BPCB) Provinsi Kalimantan Timur dalam melakukan seminar kajian hasil fasilitasi lanjutan Kerajaan Kutai Mulawarman Ing Martadipura pada Kamis (26/11/20) di Balai Agung Kedaton Kutai.

Seminar kali ini menghadirkan 3 narasumber dari Balai Pelestarian cagar Budaya (BPCB) Provinsi Kalimantan Timur Dr. Muslimin AR Effendi dan Drs.Budi Setiawan serta Drs.M. Dwi Cahyo dari Universitas Negri Malang.

Kepala Balitbangda Kukar Akhmad Hardi Dwi Putra mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menelusuri peninggalan Kerajaan Mulawarman Ing Martadipura yang ada dan menganalisis sejarah yang ditemukan di lapangan. 

" Karena kawasan kerajaan Mulawarman Ing Martadipura yang berada di Kecamatan Muara Kaman memiliki banyak misteri yang perlu dikaji agar dapat memberikan gambaran sejarah masa lalu, " kata Akhmad. 

Dia juga mengatakan bahwa Kajian ini dimaksudkan untuk mengekplorasi data historis, arkeologis lanjutan di situs kerajaan Kutai Mulawarman Ing Martadipura agar dapat dijadikan bahan untuk membuat rekontruksi tentang dinamika kawasan kerajaan khususnya kawasan Martadipura, Tanjung Serai dan Lembu Ngeram Muara Kaman. 

" Kita berharap, pelestarian situs-situs cagar budaya yang dilakukan pemerintah Kukar , dapat menjadikan cagar budaya tersebut menjadi destinasi wisata unggulan di Kutai Kartanegara khususnya di Muara Kaman, " katanya. (Adv)


Tinggalkan Komentar