Pemkab Kukar Melalui DKP Targetkan Program 25.000 Nelayan Produktif Tahun 2023

Amril Ibnu Marzuki | Minggu, 08 Okt 2023 12:00 WITA
Pemkab Kukar Melalui DKP Targetkan Program 25.000 Nelayan Produktif Tahun 2023 Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, Muslik

gerakanaktualnews.com, Kukar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, menargetkan Program 25.000 Nelayan Produktif tuntas diakhir tahun 2023.

Program tersebut telah berjalan sejak tahun 2021 lalu. Sebagai bagian dari visi misi Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin di program Kukar Idaman. Yang bertujuan untuk meningkatkan mobilitas dan produktivitas nelayan dengan berbagai bantuan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, Muslik, menyebutkan bahwa hingga tahun 2023, sudah ada 500 kelompok nelayan yang mendapatkan manfaat dari program ini.

“Dengan alokasi anggaran yang memadai dalam APBD-P 2023, kami berharap dapat mencapai target 25.000 nelayan produktif pada akhir tahun ini.” kata Muslik. 

Ia mengungkapkan bahwa program ini memberikan bantuan berupa bibit ikan, pakan, alat tangkap, mesin kapal, kapal ces, dan perahu kepada nelayan dan pembudidaya ikan.

Selain itu, para nelayan juga didorong untuk merehabilitasi kolam yang ada dan menjadi pembenih benih ikan.

“Tujuannya adalah agar Kukar bisa menjadi mandiri dalam produksi benih ikan, mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar, dan pada akhirnya meningkatkan produksi perikanan dan pendapatan nelayan setempat.” pungkasnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar