Pengembangan Pertanian Berbasis Ekosistem, Pemkab Kukar Gandeng UGM

Amril Ibnu Marzuki | Rabu, 18 Okt 2023 12:00 WITA
Pengembangan Pertanian Berbasis Ekosistem, Pemkab Kukar Gandeng UGM Tim Ahli Universitas Gajah Mada (UGM) di gandeng oleh Pemerintah Kukar

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Tim Ahli Universitas Gajah Mada (UGM) di gandeng oleh Pemerintah Kukar, dalam memperkuat pertanian dengan konsep ekosistem, yang rencananya akan diimplementasikan di lima kawasan pertanian terintegrasi.

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengatakan, konsep yang dibangun akan menjadi percontohan bagi kecamatan yang lain. Seperti di Kecamatan Muara Kaman dan Sebulu, yang memiliki pertanian sawah, hortikultura, peternakan, dan perikanan.

Maka dengan menggandeng tim ahli Universitas Gajah Mada (UGM) dalam pengembangan pertanian berbasis ekosistem, diharapkan Kukar bisa menjadi daerah lumbung pangan.

“Jadi ke depan yang lain akan kami bangun dengan ekosistem yang memiliki tempat budidaya dan pasarnya,” kata Edi Damansyah, Selasa (17/10/2023).

Konsep ekosistem, sambung Edi, diyakini dapat memperkuat sektor pertanian di Kutai Kartanegara. Jika bicara produktivitas, petani sudah sangat baik. Namun mereka perlu perbaikan teknologi, dan peningkatan infrastruktur pendukung lainnya.

Pemkab Kukar dan akademis akan melakukan survei ke lima kawasan terintegrasi ini. Karena selama ini kawasan pertanian terkelola secara tradisional, sekarang mulai dibangun dengan modern.

“Besar harapan kami kedepan pertanian di Kukar ini maju, masyarakat petani penghasilannya bertambah sehingga kondisinya lebih sejahtera. Dan cita-cita menjadi lumbung pangan Kaltim tercapai," tutupnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar