Permudah KPM, Dinsos Kukar Uji Coba Transformasi Digital Bansos Non Tunai

Muhammad Akbar | Sabtu, 20 Nov 2021 12:00 WITA
Permudah KPM, Dinsos Kukar Uji Coba Transformasi Digital Bansos Non Tunai Uji coba transformasi digital penyaluran bantuan sosial untuk dua desa

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kukar merupakan salah satu dari tujuh kabupaten di Indonesia yang menjadi lokasi uji coba khusus pelaksanaan transformasi digital penyaluran bantuan sosial non tunai. Hal itu dilalukan untuk men permudah Keluarga Penerima Manhattan (KPM) berbelanja dalam berbagai model pembayaran. 

Demikian  disampaikan Riyadi Kepala Bidang Penanganan Pakir Miskin (PM) Dinas Sosial (Dinsos) Kukar pada saat uji coba transformasi digital penyaluran bantuan sosial untuk dua desa yakni Desa Jembayan Dan Margahayu, Kecamatan Loa Kulu. Kegiatan uji coba transformasi berlangsung di salah satu warung Toko Martuji RT 9 Desa Margahayu Kec.Loa Kulu. Sabtu (20/11/2021). 

Dikatakan Riyadi mekanisme penyaluran baru uji coba ini mencakup, penyaluran melalui  QRIS  ( khusus bagi pengguna telpon pintar/android). SMS (ditujukan bagi pengguna telpon genggam biasa dan terakhir biomitric wajah. 

"Tujuan dari uji coba ini,untuk memudahkan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk belanja dalam berbagai modal pembayaran."ujarnya. 

Sementara itu Etty Rachmiyati dari Kementrian Sosial RI Bidang Direktorat Penanganan Pakir Miskin Wilayah dua mengatakan, ujicoba  transformasi digitalisasi ini memang direncana pemerintah, karena kedepannya semua bantuan sosial akan secara digital, tidak lagi menggunakan model yang lama. Tim uji coba akan melakukan koordinasi, observasi, pemutakahiran data , sosialisaai bersama -sama dengan Kementerian/lembaga, Bank Indonesia,Himbara, TNP2K dan pemerintah daerah terpilih. 

"Kami berharap masyarakat betul - betul menerima manfaatnya,  terutama yang sudah dinyatakan dapat bantuan,"imbuhnya. 

Perlu diketahui sasaran uji coba bantuan sosial digital KPM PKH dan KPM kebutuhann pokok tersebut dialokasikan 50 KPM untuk satu desa dengan nilai satu KPM sebesar Rp 200.000. (adv)


Tinggalkan Komentar