Gelar Rakorda Diskominfo Sekaltim Dibuka Gubernur

Usman | Kamis, 17 Jun 2021 12:00 WITA
Gelar Rakorda Diskominfo Sekaltim Dibuka Gubernur Acara Rakorda ini di gelar di Hotel Novotel Balikpapan

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) PPU, mengikuti rapat koordinasi daerah (rakorda) Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi, dan di ikuti Kabupaten dan Kota se Kalimantan Timur. Kamis (17/6/2021).

Acara rakorda ini di gelar di Hotel Novotel Balikpapan, dengan tema Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung kinerja Pemerintah Daerah di seluruh kabupaten/Kota se-Kaltim.

Rakorda bertujuan untuk sinkronisasi kegiatan-kegiatan serta inventarisasi dan pemetaan permasalahan dan solusi pada masing-masing Diskominfo Provinsi Kaltim maupun Diskominfo Kabupaten/Kota,

Rakorda tersebut langsung dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Nampak hadir Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Kapala Diskominfo kabupaten dan kota se Kaltim, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Kaltim, Ketua Komisi Informasi Provinsi Kaltim dan vendor telekomunikasi serta SKPD Pemerintah Provinsi Kaltim yang mengikuti secara daring (dalam jaringan).

Saat membuka rakorda Gubernur Kaltim mengatakan kita tidak dapat membendung kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat cepat perkembangannya. Dari kondisi ini mau tidak mau kita harus berpacu untuk mengikuti perkembangan TIK, kalau tidak mau tertinggal.

“Revolusi industri dibidang TIK 4.0 begitu cepat, saat ini apakah capaian kita sudah sama, sudah melewati atau masih tertinggal. Karenanya kita kita terus memacu kecepatan mengejar kemajuan TIK dalam melakukan kegiatan-kegiatan kita,” kata Isran.

Lebih lanjut Isran Noor mengharapkan Rakorda ini dapat mencapai hasil yang dapat mendukung kinerja kita. ” Lakukanlah hal-hal yang bisa dicapai, yang dapat diraih, dapat dilaksanakan. Sistem kordinasi disemua level harus dibangun,” ujar Isran.

Keterbukaan informasi lanjut Isran harus dibangun disemua intansi untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik walaupun dengan pelan-pelan, karena kita menyadari tidak mungkin dilakukan langsung seratus persen. ” Paling tidak hal-hal yang prinsip bisa dilakukan, ” tambah Isran.

Mengakhiri sambutannya Isran mengharapkan rakorda ini juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika. ” Dapat membantu meningkatan kapasitas dan kemampuan SDM, itu kuncinya,” harapnya.

Terpisah Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik dan Kehumasan Diskominfo PPU Siswanto, mengatakan, rakorda ini merupakan kesempatan bagi Diskominfo PPU untuk berbagi informasi dengan Diskominfo kabupaten dan kota se Kaltim, khususnya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

“Di Rakorda ini kita dapat berbagi informasi, bertukar pikiran dengan taman-teman Diskominfo se Kaltim, kita dapat mencari masukan dan solusi dari permasalahan yang kita hadapi dalam melaksanakan tupoksi kita,” kata Siswanto.

Lebih lanjut, Siswanto juga berharap dalam Rakorda ini dapat membuat rekomendasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi bidang komunikasi dan informatika.

Kegiatan Rakorda dibagi menjadi lima desk, yaitu desk TIK, desk Aplikasi Informatika (APTIKA), desk Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), desk Statistik dan desk Persandian.

” Semoga masing-masing desk dapat membuat rekomendasi yang dapat menjadi masukan bagi kita dalam melaksanakan tupoksi kita,” pungkasnya (adv/DiskominfoPPU)


Tinggalkan Komentar