Jos Soetomo Bangga Melayani Ma'ruf Amin Dalam Rangka Dies Natalis UNU Kaltim  

Muhammad Rusli | Selasa, 02 Nov 2021 12:00 WITA
Jos Soetomo Bangga Melayani Ma'ruf Amin Dalam Rangka Dies Natalis UNU Kaltim   Dewan Penyantun Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim, HM. Jos Soetomo

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA – Kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin di kota Samarinda, langsung mengunjungi sekolah SD Muhammadiyah di jalan Berantas dan membagikan sejumlah bingkisan berupa tas sekolah kepada siswa. Selasa (2/11/2021).

Setelah usai kunjungan di Sekolah SD Muhammadiyah, rombongan Wapres lanjut menuju ke Hotel Bumi Senyiur untuk mengisi orasi ilmiah Dies Natalis ke-7 Universitas Nahdlatul Ulama Provinsi Kalimantan Timur.

Wapres Maruf Amin, pada kesempatan itu, menyampaikan orasi ilmiah, Ia mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi telah membuka peluang baru untuk memperbaiki kehidupan manusia. Namun disisi lain perkembangan teknologi informasi juga bisa membawa tantangan dan risiko.

Hal itu teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Informasi mengalir dari satu tempat ke tempat lain di dunia ini dalam hitungan detik.

“Perubahan ini dapat membawa kemaslahatan tapi juga kemudharatan, tergantung bagaimana menyikapi, mendekati dan mengelolanya,” katanya.

Lanjut mantan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini, jika salah satu kemudharatan dari kemajuan teknologi informasi adalah penyebaran secara masif paham-paham yang bertentangan dengan ideologis negara serta terjadinya dis-informasi dalam menangkap informasi yang tidak benar atau tidak benar.

Salah satu penyebab terjadinya dis informasi yaitu adanya informasi yang membuat satu kelompok orang meyakini hanya terhadap informasi yang diberikan kelompoknya sebagai suatu kebenaran.

Sementara dari kelompok lain berpedoman pada kebenaran yang diyakini kelompoknya sendiri. Ini dapat menimbulkan perpecahan umat serta bangsa.

Oleh sebab itu, mahasiswa untuk senantiasa berpikir kritis dalam menyikapi informasi yang diterima dengan berpegang teguh pada akidah, akhlak dan ilmu pengetahuan.

“Dalam ajaran Islam, konsep akhlak pada hakikatnya mencakup etika, moral dan karakter,” kata Ma’ruf Amin.
Sementara itu, Dewan Penyantun Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim, HM. Jos Soetomo yang juga  sebagai owner Hotel Bumi Senyiur.

Kedatangan Wapres Ma’ruf Amin, merupakan suatu kebanggaan dan menjadi catatan sejarah bagi UNU Kaltim.

“Atas nama civitas akademika UNU Kaltim, mengucapkan terimakasih kepada Wapres Ma’ruf Amin, karena bisa hadir di Dies Natalis ke 7 dan peresmian kampus kedua UNU.” tandas HM. Jos Soetomo. (*)


Tinggalkan Komentar