UMKT Mewisuda 1.038 Lulusan, Rencanakan Buka Prodi Kedokteran dan Bangun Kampus di IKN

Muhammad Rusli | Selasa, 04 Okt 2022 12:00 WITA
UMKT Mewisuda 1.038 Lulusan, Rencanakan Buka Prodi Kedokteran dan Bangun Kampus di IKN -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Untuk pertama kalinya pasca pandemi COVID-19 selama 2 tahun, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) kembali melaksanakan upacara wisuda ke-7 tahun 2022 secara luring di Convention Hall Sempaja Samarinda, Selasa (4/10/2022).

Wisuda ke-7 ini dilaksanakan untuk Program Ahli Madya, Sarjana dan Profesi, dengan total wisudawan sebanyak 1.038 lulusan. Rinciannya Fakultas Ilmu Keperawatan sebanyak 367 orang, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Politik sebanyak 231 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat sebanyak 160 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 115 orang, Fakultas Farmasi sebanyak 92 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 36 orang, Fakultas Hukum sebanyak 25 orang dan Fakultas Psikologi sebanyak 12 orang. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Prof. Bambang Setiaji mengatakan, upacara wisuda ke-7 tahun 2022 ini adalah wisuda pertama setelah dua tahun pihaknya tidak melaksanakan upacara wisuda secara luring. 

"Setiap tahun satu kali wisuda dan ini wisuda ke -7 semenjak Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur didirikan. Tapi ke depan, kita akan laksanakan wisuda dua kali setelah kondisi normal, " ujarnya. 

Menurut dia, dengan ditunjuknya Kalimantan Timur sebagai Ibukota IKN Nusantara, UMKT juga telah bersiap untuk membuka kampus di sekitar lokasi IKN, mengikuti jejak Universitas Mulawarman. 

"Kita akan buka di sana kalau diizinkan, kita akan pindah ke IKN. Jadi, kampus satunya di sana, kampus ini tetap di sini. Kita akan ikuti jejak Unmul, tinggal menunggu dari Kementerian saja," katanya. 

Tak hanya itu saja, UMKT dalam waktu dekat ini juga akan menambah program studi baru, yakni Prodi Kedokteran. 

"Sudah kita siapkan, kita saat ini sedang membangun gedung 7 lantai, sebagian besar untuk Kedokteran. Nanti juga ada klinik, itu semua kita bangun dengan biaya Rp 20 miliar. Prasarana dan fasilitas lain sedang kita benahi, " katanya. 

Kepada seluruh wisudawan UMKT, Prof. Bambang Setiaji berharap, segera dapat beradaptasi dengan perubahan dan kondisi yang terjadi saat ini, serta cermat dan cerdik melihat peluang yang ada. 

"Saya berharap anak-anak tetap semangat menghadapi perubahan dan kondisi sekarang, semangat mencari peluang. Walaupun kondisi ini sulit, tapi harus dicari celah-celahnya," imbuhnya. 

Sementara itu, Lembaga Layanan Pendidik Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Muhammad Akbar berharap, UMKT dapat segera membuka Prodi Kedokteran. Karena menurutnya, saat ini kebutuhan tenaga dokter dan tenaga kesehatan sangat diperlukan. 

"Agar UMKT dapat mempercepat pemenuhan jumlah dokter, karena hal mutlak untuk mendapatkan predikat unggul harus minimal 30 persen per Prodi. Kita harapkan UMKT dapat membuka Prodi baru. Kepada alumni, mudah-mudahan segera  mendapatkan pekerjaan. Insyaallah alumni UMKT bisa bersaing di dunia kerja dan mendapat peluang kerja, karena memang memiliki skill yang bagus," tutupnya.  (*)


Tinggalkan Komentar