Wacana Pembangunan Fly Over di Simpang Rapak Balikpapan, Wali Kota dan Anggota Dewan Beri Komentar

Usman | Selasa, 10 Mar 2020 12:00 WITA
Wacana Pembangunan Fly Over di Simpang Rapak Balikpapan, Wali Kota dan Anggota Dewan Beri Komentar Kawasan Simpang Rapak Plaza, Balikpapan Utara

gerakanaktualnews.com, BALIKPAPAN -Kemacetan dan kecelakaan sering kali terjadi di kawasan simpang Rapak Plaza, Balikpapan Utara. Guna menurunkan angka kemacetan dan kecelakaan maka dirancang wacana pembangunan fly over.

Namun hingga saat ini belum tampak pergerakan dari pembangunan fly over yang dicanangkan sejak tahun 2015 lalu. 

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pembangunan jalan layang ini sudah disampaikan ke instansi yang terkait namun perlu menunggu keputusan dari pusat. 

"Ya kita sudah sampaikan dari berbagai pintu, kita tunggu karena kita kan mengajukan ke pusat," ujar Rizal.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri membuka suara terkait wacana fly over ini sudah ditetapkan untuk rancangan teknisnya, namun untuk pembangunannya belum dilaksanakan melihat angka kemacetan yang terjadi masih minim. 

"Fly over memang sudah ada Detail Engineering Design (DED)-nya, cuma yang saya fikir itu belum urgent sekali masalahnya karena selama ini Rapak juga belum begitu macet parah," ujar Alwi.

Melihat secara langsung bagaimana kejadian di lapangan, Alwi mengatakan wacana pembangunan fly over ini akan ditunda hingga tahun depan.

"Jadi saya pikir mungkin tahun 2021 kita mulai pembahasan (pembangunan fly overnya)," tuturnya.

Namun pembangunan akan segera dilakukan jika keadaan di lapangan memang membutuhkan akses jalan layang yang dapat meminimalkan angka kemacetan dan juga kecelakaan.

"Kita lihat kedepan lah kalau itu urgent sekali ya berarti kita harus segera pikirkan, kalau belum mungkin di pending saja dulu," ujarnya. (adv)


Tinggalkan Komentar