Bahas Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD Kaltim TA 2023

Wahyu Retno | Rabu, 09 Agu 2023 12:00 WITA
Bahas Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD Kaltim TA 2023 Anggota Banggar DPRD Kaltim, Sarkowi

gerakanaktualnews.com, Samarinda — Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim menggelar rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di Kantor DPRD Kaltim.

Rapat membahas tentang rancangan Kebijakan Umum APBD  (KUA) dan rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) TA 2024 dan pembahasan mengenai rancangan perubahan KUA dan PPAS TA 2023.

Ditemui seusai rapat, Anggota Banggar DPRD Kaltim, Sarkowi menjabarkan terkait rancangan perubahan TA 2023 sebanyak 25 triliun 320 miliyar yang terdiri dari pendapatan daerah, pendapatan transfer, dan lain-lain.

Sedangkan perubahan anggaran belanja dengan total belanja 21 triliun  651 miliyar terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan belanja transfer.

"Untuk rinciannya akan kami bahas di rapat besok malam," ujarnya, Rabu (9/8/2023).

Sarkowi menjelaskan dalam rapat lanjutan akan membahas mengenai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki anggaran belanja paling besar, yaitu Dinas Pendidikan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

"Besok, kita akan perdalam di 2 OPD yang memiliki anggaran paling besar, Dinas Pendidikan 20% dari APBD dan Dinas PUPR sebanyak 40% dari APBD," tuturnya.

Sarkowi juga menyebutkan beberapa hal yang akan dibahas pada rapat Banggar selanjutnya adalah untuk mengkaji secara detail terkait faktor-faktor yang membuat serapan dari kedua dinas tersebut tidak maksimal sedangkan anggarannya termasuk anggaran paling besar.

Ditambahkan pula oleh Sri Mulyani selaku Sekretaris Daerah, rapat Banggar selanjutnya akan membahas terkait komposisi penerimaan dan proyeksi peningkatan dari sisi penerimaan apa saja, serta rencana belanja ke depannya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar