Lahan Jalan Ring Road Samarinda Segera Dibayar, Sebut Jahiddin

Wahyu Retno | Rabu, 09 Agu 2023 12:00 WITA
Lahan Jalan Ring Road Samarinda Segera Dibayar, Sebut Jahiddin Jahidin Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim

gerakanaktualnews.com, Samarinda — Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Jahidin ungkap bahwa pembayaran lahan jalan Ring Road sudah disepakati masuk ke anggaran perubahan tahun 2023.

Penutupan jalan Ring Road ini dilakukan oleh warga pemilik lahan untuk menuntut haknya selama kurang lebih 12 tahun atas pergantian pembebasan lahan sejak tahun 2012.

"Pada rapat badan anggaran dari Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) pemerintah provinsi sudah memberikan jawaban bahwa pembayaran lahan yang diklaim oleh warga sudah disepakati di anggaran perubahan 2023. Jadi anggarannya sudah jelas ditetapkan, tinggal nunggu pencairannya saja," tutur Jahidin, Rabu (9/8/2023).

Politisi partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengatakan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang telah dilaksanakan, pihak TAPD menyanggupi bahwa alokasi anggaran untuk Ring Road telah dipersiapkan.

"Pembayaran ganti rugi lahan akan dibayarkan sesuai dengan janji pemerintah termasuk kami DPRD dari Komisi I sebagai penjamin sudah memasukkannya pada anggaran. Jadi sudah jelas, masyarakat yang berhak menerima haknya bisa menunggu menerima pembayaran pembebasan lahan itu," jelas Jahidin.

Jahidin juga menyampaikan terkait besaran harga, pemerintah mengacu kepada harga tanah berdasarkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diharmonisasikan sesuai dengan takaran yang digunakan.

"Kalau untuk acuan pembayaran harga tanah akan mengikuti perhitungan harga sekarang. Tidak mungkin pemerintah mau merugikan masyarakatnya, jadi menyesuaikan dengan harga sekarang," tutupnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar