Makmur HAPK: Daerah Harus Memiliki Inovasi Agar Lebih Mandiri

Muhammad Rusli | Selasa, 27 Apr 2021 12:00 WITA
Makmur HAPK: Daerah Harus Memiliki Inovasi Agar Lebih Mandiri Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Makmur HAPK hadir dalam acara peringatan Hari Otonomi Daerah ke- XXV tahun 2021, yang digelar secara virtual di Odah Etam kantor Gubernur Kaltim.

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Makmur HAPK hadir dalam acara peringatan Hari Otonomi Daerah ke- XXV tahun 2021, yang digelar secara virtual di Odah Etam kantor Gubernur Kaltim. Senin (26/4/2021) kemarin.

Dikatakan ketua DPRD Kaltim, bahwa kita dapat melakukan banyak hal dengan terciptanya Otonomi daerah.

“Diketahui otonomi daerah, adalah suatu wilayah baru yang dibentuk, dan segera belajar untuk bisa lebih mandiri,” katanya pada saat usai mengikuti kegiatan puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXV Tahun 2021.

Tujuan lainnya dari kebijakan otonomi daerah antara lain, mengembangkan kehidupan demokrasi, pemerataan, keadilan, mendorong dalam memberdayakan masyarakatnya, meningkatkan peran serta masyarakat, mengembangkan peran dan fungsi DPRD juga memelihara hubungan baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. 

“Namun, saya lihat pada akhirnya bahwa otonomi ini mulai tergerogoti juga. Silakan saja mengambil alih dan membuat kewenangan tertentu, namun jangan mengabaikan peran tingkat II atau provinsi,” ucapnya.

Lanjut kemudian Ia mengingatkan kabupaten dan kota, juga harus tetap berhati-hati dalam mengambil kebijakan. Apalagi jika itu menyangkut masalah tambang, hutan dan lingkungan.

“Kita percaya Kabupaten dan Kota, untuk dapat lebih berperan sebagai garda terdepan dalam pelayanan masyarakat,” ungkapnya Makmur HAPK. (adv)


Tinggalkan Komentar