Uji Publik Raperda RZWP3K

Muhammad Rusli | Sabtu, 05 Des 2020 12:00 WITA
Uji Publik Raperda RZWP3K Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kalimantan Timur, kemarin melakukan Uji Publik.

gerakanaktualnews.com, Balikpapan - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kalimantan Timur, kemarin melakukan Uji Publik. Regulasi yang mengatur tentang zonasi wilayah.

Kegiatan Uji Publik RZWP3K ini di gelar di Hotel Grand Jatra Balikpapan, hari Sabtu (5/12/2020) dengan dihadiri oleh Stakeholder.

Tahapan uji publik dalam proses penyusunan Raperda merupakan tahap penting dalam upaya penyempurnaan materi secara lebih substansial, hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun saat membuka acara uji publik tersebut.

“Semua regulasi yang dibuat bukan sekedar formalitas belaka. Uji publik ini dimaksudkan untuk melihat persepsi dan ekspektasi awal masyarakat,” katanya.

Lanjut dia Proses pembahasan Raperda RZWP3K, telah dilaksanakan oleh pansus sesuai dengan tugas dan fungsinya dengan melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari rapat internal, rapat dengar pendapat dengan mitra kerja terkait koordinasi dengan kabupaten dan kota, konsultasi dengan Kemendagri hingga studi komparatif lainnya.

“Semua kegiatan yang telah dilakukan pansus selama proses pembahasan draft raperda, dimaksudkan untuk mendapatkan konsep peraturan daerah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah,”ungkap Samsun.

Sementara dari Ketua Pansus Pembahas Raperda tentang RZWP3K, Sarkowi V Zahry. Menurutnya, pelaksanaan uji publik ini dilakukan di Balikpapan, mengingat Balikpapan memiliki garis pantai dan pesisir yang sarat kepentingan.

“Kita tahu, semua aspek yang masuk dalam regulasi ini seperti ruang hidup nelayan, kawasan konservasi, kawasan bisnis, kawasan industri sekala besar, lengkap di kota ini dan merupakan representasi semua permasalahan pesisir dan pulau-pulau kecil di Kaltim,” terang Sarkowi. (adv)


Tinggalkan Komentar