Sujiati: Petani Diminta Tanam Palawija Selama Musim Kemarau

Usman | Senin, 12 Jul 2021 12:00 WITA
Sujiati: Petani Diminta Tanam Palawija Selama Musim Kemarau Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Sujiati.

gerakanaktualnews.com, Penajam – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Sujiati, mengajak Para petani menanam palawija selama musim kemarau panjang yang diprediksi terjadi pada pertengahan Juli, September 2021.

Upaya untuk penanaman palawija di musim kemarau, adalah merupakan kegiatan untuk mengisi lahan agar tetap produktifitas, sehingga masyarakat petani juga bisa mendapatkan hasil dari tanaman palawija tersebut.

"Kami berharap petani bisa menanam tanam palawija selama musim kemarau panjang," ujar Sujiati, Wakil Ketua Komisi II DPRD PPU. Senin.

Dari pantaun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau panjang pada tahun 2021 mulai terjadi pertengahan Juli sampai September.

Masyarakat petani harus mempersiapkan diri agar dapat mengantisipasi dampak kemarau panjang dengan menanam tanaman palawija yang cocok untuk musim kemarau.

Masyarakat petani jelasnya, bisa menanam tanaman palawija untuk lahan yang pengairannya terbatas saat musim kemarau.

"Tanaman itu seperti ubi rambat, kedelai dan sayur-sayuran yang terbukti tahan terhadap musim kemarau atau cuaca panas," ucap Sujiati.

Bagi kelompok tani yang bakal melakukan panen dalam pekan ini diimbau segera belajar menanam tanaman palawija.

Mayoritas lahan persawahan di wilayah Penajam Paser Utara, masih mengikuti pola tadah hujan, sehingga saat kemarau kekurangan sumber air untuk mengairi sawah.

"Sudah mau memasuki musim kemarau panjang dan beberapa kelompok tani sebentar lagi panen, setelah panen lahan bisa ditanami palawija," ujarnya. (adv)


Tinggalkan Komentar