Shania: Program Probebaya Diharap Menyasar UMKM

Muhammad Rusli | Kamis, 06 Apr 2023 12:00 WITA
Shania: Program Probebaya Diharap Menyasar UMKM -

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda melalui Komisi II meminta kepada pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, agar program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat (Probebaya) juga menyasar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurut Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Shania Rizky Amalia melalui program Probebaya yang digagas pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, nantinya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Namun setelah berjalannya waktu program probebaya juga sudah terlihat dengan memberikan dana bagi setiap RT sebesar Rp100 juta telah menginspirasi beberapa daerah lainnya dalam meningkatkan kegiatan fisik serta non fisik di lingkungan mereka.

“Kami berharap Probebaya ini dapat membantu seluruh masyarakat secara merata, baik dalam bentuk kegiatan fisik maupun perekonomian,” kata Shania, pada Kamis (6/4/2023).

Shania menuturkan, dengan berjalannya program tersebut, maka harus ditingkatkan lagi pemanfaatannya agar tidak mubazir. Sebab anggaran Probebaya yang berasal dari APBD.

“Kami juga berharap probebaya bisa memberikan bantuan kepada pelaku UMKM yang ada di setiap RT,” harapnya.

Lanjut kemudian Shania menilai sejauh ini Probebaya belum sepenuhnya merata kepada masyarakat Samarinda, walaupun setiap RT terus menggalakkan pembenahan di lingkungan mereka seperti semenisasi jalan, pembuatan drainase serta pembuatan gapura, tetapi untuk pemberdayaan masyarakat sendiri masih belum terlihat.

“Sejauh ini saya masih belum melihat adanya program pemberdayaan masyarakat yang berhasil di lingkungan masyarakat, seharusnya dalam pemanfaatan program tersebut dapat di kembangkan lagi,” tutur Shania.

Menurutnya, dengan banyaknya usulan yang disampaikan oleh masyarakat, maka ke depannya program tersebut harus bisa meningkatkan lagi perekonomian agar Probebaya dapat menyeimbangkan antara program pembangunan fisik serta pemberdayaan masyarakat. (adv/dprdsmd)


Tinggalkan Komentar