AKMAL : KALTIM BUKAN KOMPETITOR IKN

Wahyu Retno | Jumat, 10 Nov 2023 12:00 WITA
AKMAL : KALTIM BUKAN KOMPETITOR IKN Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik

gerakanaktualnews.com, Samarinda – Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik kembali menegaskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi berkah bagi Kalimantan Timur dan provinsi tetangga di tanah Borneo. IKN yang dipilih Presiden Joko Widodo meliputi sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.  

"Ini merupakan berkah bagi Kalimantan Timur dan provinsi-provinsi lain di Kalimantan," ucap Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam program live on air “Gubernur Menyapa”, Kamis (9/11/2023).

Program digelar di Ruang VVIP Rumah Jabatan Gubernur, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim dipandu oleh Metalianda Darmila. Program disiarkan melalui dua programa yaitu Pro 1 dan Pro 4, serta dipancarluaskan relay Studio Produksi Sendawar dan Long Bagun.

Kepada para pendengar RRI,  Pj Akmal Malik menjelaskan IKN akan mampu memicu daerah-daerah sekitar  Kaltim dan Kalimantan, terutama kabupaten dan kota yang bersentuhan langsung (buffer zone).

 

"Perhatian besar kepada IKN, juga harus diimbangi bagaimana tanggung jawab dan kewajiban pusat bersama Kaltim didukung kabupaten dan kotanya, agar daerah-daerah penyangga tumbuh dan berkembang seiring tumbuh dengan berkembangnya IKN," harap Akmal. 

Meski diakuinya, secara administrasi antara IKN dengan Kaltim terpisah, tetapi secara ekonomi tetap akan menjadi satu kesatuan dan saling berkaitan. 

Karenanya, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini pun meminta kolaborasi pusat dan daerah harus semakin intensif dalam berbagai bidang, sehingga tidak terjadi disparitas antara IKN dan Kaltim. 

"Kita bukan competitor. Kita harus berkolaborasi. Sebab ini kebijakan strategis yang wajib didukung dan pusat pasti berkomitmen melakukannya," ungkapnya.

Dialog melalui udara ini juga memberi kesempatan bagi warga Kaltim yang ingin berkomunikasi dan bertanya langsung kepada Pj Gubernur Akmal Malik.

Acara juga menghadirkan narasumber Wakil Ketua DPRD Mahakam Ulu Tiopilus Hanye via zoom dan Ketua Masata Kaltim Eko Satriya. 

Selain mengupas berbagai persoalan IKN, dialog juga membahas upaya dan pengembangan sumber daya manusia (SDM), potensi pariwisata dan kegiatan UMKM, serta potensi lainnya.

Acara yang dimulai pukul 8.30 itu berlangsung selama 90 menit. Hadir Kepsta LPP RRI Samarinda Arlin Setyaningsih, Kadis Kominfo Muhammad Faisal dan Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Kaltim Hj Syarifah Alawiyah. (adv/kominfokaltim)


Tinggalkan Komentar