LANGKAH PENTING MAJUKAN PARIWISATA, DIbUKA JAMBORE POKDARWIS TINGKAT PROVINSI KALTIM 2023, Sebut Sekprov kaltim

Muhammad Rusli | Sabtu, 25 Nov 2023 12:00 WITA
LANGKAH PENTING MAJUKAN PARIWISATA, DIbUKA JAMBORE POKDARWIS TINGKAT PROVINSI KALTIM 2023, Sebut Sekprov kaltim Pembukaan Jambore Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim 2023

gerakanaktualnews.com, Maratua – Keberadaan kelompok sadar wisata (pokdarwis) memiliki peran yang sangat penting sebagai salah satu unsur penggerak dalam  memajukan dan  mengembangkan destinasi pariwisata di daerah.

Penegasan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni saat membuka Jambore Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim 2023 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim di Pulau Maratua, Kabupaten Berau,  22-26 November 2023. 
Sri Wahyuni menambahkan, keunggulan, keunikan objek wisata di masing-masing daerah, tentu  membutuhkan informasi kepada masyarakat  luas. Di sinilah peran pokdarwis untuk menyebarluaskan  keberadaan destinasi-destinasi  yang dimiliki masing-masing daerah. 

"Untuk menyebarluaskan destinasi yang dimiliki, pokdarwis harus memiliki kreativitas dan keunikan yang mampu menjadi magnet supaya wisatawan tertarik untuk berkunjung," ucap Sri Wahyuni.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim itu juga mengharapkan pokdarwis  harus mampu menghadirkan keunggulan komparatif dan kompetitif, termasuk memunculkan produk dan jasa kreatif yang unik, yang dimiliki oleh dareah  lainnya.  

"Sehingga, ketika keunggulan dan keunikan tersebut dipublish dan diviralkan, otomatis masyarakat mengetahui dan tertarik  untuk berkunjung ke  objek wisata tersebut," tandasnya. 

Sri Wahyuni menambahkan,  kemajuan pariwisata di daerah tidak hanya ditentukan manajemen pengelolaan. Lebih penting dari itu adalah partisipasi atau keterlibatan langsung dari pokdarwis untuk memajukan pembangunan kepariwisataan. 

"Peran dan kontribusi pokdarwis di daerah perlu terus  didukung dan dikembangkan, baik secara kualitas maupun kuantitas untuk menopang perkembangan dan pertumbuhan destinasi pariwisata di daerah masing-masing," pesan Sri Wahyuni.

Kadis Pariwisata Kaltim, diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur HM Irvan Rivai melaporkan kegiatan Jambore Pokdarwis ini merupakan rangkaian dari Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi yang telah dilaksanakan pada Agustus-September 2023. 
Adapun maksud dan tujuan kegiatan Jambore Pokdarwis, sambung Ivan adalah untuk memberikan motivasi, semangat untuk belajar, berkarya, bermitra dalam pengembangan tata kelola sebuah obyek wisata.  

"Selain itu, Jambore Pokdarwis se-Kaltim merupakan bentuk kegiatan  pendampingan secara langsung dari Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim dan dinas pariwisata kabupaten kota se-Kaltim, sehingga pokdarwis akan mendapatkan input, masukan dan sharing pengetahuan," lapornya. 

Selain itu, lanjut Irvan juga menjelaskan pokdarwis menjadi wadah membangun jejaring pokdarwis, memperjuangkan kepentingan pokdarwis, wadah saling tukar pengalaman, pengetahuan, sehingga pokdarwis siap  untuk saling berkolaborasi, bersinergi dan bekerjasama. 

"Untuk kegiatan penilaian lomba pokdarwis telah selesai dilaksanakan oleh tim juri lomba di objek wisata di masing-masing kabupaten kota se-Kaltim, yang akan diumumkan  pada sesi penganugerahan juara lomba
pokdarwis," terang Irvan Rivai. (adv/kominfokaltim).


Tinggalkan Komentar