Asisten II Serahkan Hadiah Lomba, Saat Penutupan Ramadhan Fest 1445 H  

Amril Ibnu Marzuki | Minggu, 31 Mar 2024 12:00 WITA
Asisten II Serahkan Hadiah Lomba, Saat Penutupan Ramadhan Fest 1445 H   Penutupan Festival Ramdhan

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) Ahyani Fadianur Diani menutup Festival Ramadhan 2024/1445 H di halaman Masjid Agung Sultan AM Sulaiman Tenggarong, Sabtu kemarin.

Panitia Ardiansyah melaporkan kegiatan yang digelar sejak 24 Maret itu diikuti antusias peserta.

Kegiatan ini untuk memberikan motivasi pemuda untuk berkarakter Islami. Adapun lomba yang dilaksanakan yaitu Begera’an Sahur, busana muslim, lomba Hadroh/Habsyi, lomba aku anak Sholeh, lomba fotografi.

“Terimakasih kepada semua pihak khususnya Pemkab Kukar yang telah mendukung kegiatan ini berjalan dengan lancar,” demikian ujarnya.

Dikatakan Ahyani, setiap Ramadhan ada beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan oleh umat muslim. Selain menjalankan ibadah puasa, juga melakukan ibadah tarawih, itikaf dan memperbanyak tadarrus maupun ibadah lainnya.

Hal ini karena janji Allah yang akan melipat gandakan pahalanya selama bulan Ramadhan.

Kegiatan lain yang juga menjadi kemeriahan dan kegembiraan umat Muslim adalah pada saat sahur dan berbuka puasa. Bahkan kegiatan berbuka puasa ini sekarang tidak lagi menjadi kebahagiaan umat Muslim saja, tetapi juga sudah menularkan kebahagiaan pada saudara-saudara non muslim. Mereka pun ikut berburu takjil, turut membantu UMKM dengan melariskan dagangannya.

“Hal ini patut kita syukuri karena semakin menunjukkan bahwa memang Islam adalah agama yang Rahmatan lil’alamin, yaitu rahmat bagi alam semesta. Bukan umat muslim saja, tetapi seluruh alam,” ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah.

Dilanjutkannya, pada Ramadhan juga biasanya kerap dilakukan berbagai kegiatan atau lomba yang bernafaskan Islam, sebagai motivasi dan penyemangat umat muslim dalam melakukan kebaikan. Sebagaimana Ramadhan Fest tahun 2024 / 1445 H yang telah dibuka pada tanggal 12 Maret 2024 lalu di lingkungan Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong.

Dalam Ramadhan Fest ini telah dilaksanakan berbagai macam kegiatan lomba yang diikuti oleh warga Tenggarong, yang sebentar lagi akan diumumkan siapa saja yang berhasil meraih juara.

“Kegiatan ini sangat baik dan kami amat mendukung kegiatan Ramadhan Fest ini, untuk bisa dilaksanakan kembali pada Ramadhan yang akan datang. Saya berharap dalam kegiatan ini, tidak saja kemeriahan dan kegembiraan yang kita peroleh, akan tetapi juga menjadi sarana dakwah tentang Islam kepada masyarakat,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan umat Muslim dapat memperlihatkan jati diri Islam yang sesungguhnya. Meskipun sebagai kelompok yang mayoritas, tidak boleh bersikap arogan. Bahkan sebaliknya, harus merangkul saudara non muslim dengan penuh kasih sayang, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Oleh karena itu, Bupati mengajak seluruh warga Tenggarong, khususnya Umat Muslim, agar bersama-sama menjaga kerukunan umat beragama, khususnya lingkungan masing-masing.
Ia berharap semua akan menjadi umat yang senantiasa meningkatkan iman dan taqwa, menjaga kesehatan agar kita bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun yang akan datang.

Kemudian diucapkan selamat dan sukses kepada para Penyelenggara Ramadhan Fest tahun 2024 / 1445 Hijriah. Selamat juga kepada para Pemenang lomba, diharapkan kemenangan ini menjadi pemicu untuk menjalankan perintah agama dengan lebih baik dan istiqomah. Bagi yang belum beruntung, agar tidak patah arang. Masih ada kesempatan di tahun depan.

“Akhirnya dengan mengucapkan alhamdulillahi rabbilalamin Ramadhan Fest tahun 2024 / 1445, saya nyatakan ditutup,” demikian ujarnya.

Ahyani pada kesempatan itu juga menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba yang digelar pada Festival Ramadhan tersebut.

Hadir pada acara itu unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD Camat, jajaran DMI Kukar, MUI Kukar, Pimpinan Organisasi Masyarakat dan Keagamaan, serta peserta lomba memeriahkan kegiatan tersebut. (Adv/kominfokukar


Tinggalkan Komentar