Bakal Direvitalisasi Pasar Seni Kukar Untuk Pengembangan Kebudayaan

Amril Ibnu Marzuki | Kamis, 18 Apr 2024 12:00 WITA
Bakal Direvitalisasi Pasar Seni Kukar Untuk Pengembangan Kebudayaan Menara Tuah Himba Sebagai Tempat Relokasi Para Pedagang

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Pasar Seni di Kota Raja Tenggarong, - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah rencana akan melakukan revitalisasi atau penataan ulang para pedagang di lokasi itu akan direlokasi untuk sementara waktu. 

Tempat relokasi para pedagang rencananya akan dilakukan ke kawasan Menara Tuah Himba di dekat Jembatan Kutai Kartanegara dan Jam Bentong. 

Saat ini, kawasan belakang Menara Tuah Himba masih dalam tahap pembangunan. Jika pembangunan telah rampung, maka perpindahan akan direalisasikan secepatnya. Rencananya, kawasan tersebut bakal dijadikan sebagi wisata pujasera. 

Pembangunan kawasan Menara Tuah Humba merupakan upaya pemerintah daerah untuk mempercantik dan memperindah pusat Kota Raja Tenggarong, serta sebagai sarana rekreasi dan sosial bagi masyarakat.

"Kalau sudah selesai taman di bundaran itu, nanti pasar seni akan kita geser ke sana," ucap Edi, Rabu (17/4/2024).

Edi mengaku ingin mengembalikan marwah Pasar Seni yang dulunya tempat pusat kegiatan seni dan budaya dan menyulapnya agar mendapatkan fasilitas yang lebih baik sesuai fungsinya. 

Harapannya, Pasar Seni fokus pada kebudayaan dapat meningkatkan daya tarik dan aksesibilitas bagi pengunjung. Ini juga upaya untuk memberikan dukungan yang lebih baik bagi pelaku seni dan budaya di Kukar.

"Jadi Pasar Seni itu Akan kita kembalikan lagi untuk mewujudkan Kota Tenggarong ini sebagai kota pusat budaya, yakni budaya yang mendukung ekonomi kreatif dan ekonomi mikronya. Juga bisa berjalan dengan baik dan berkembang," ujarnya. 

Edi menyatakan, pemindahan Pasar Seni ke taman di kawasan Menara Tuah Himba merupakan bagian dari upaya untuk memaksimalkan penggunaan ruang publik di pusat kota, serta memberikan alternatif yang lebih baik bagi pengunjung dan masyarakat umum.

"Harapannya dengan rencana ini, Pasar Seni akan kembali menjadi salah satu daya tarik yang juga memberikan kontribusi positif dalam memperkaya kehidupan sosial dan budaya masyarakat Kukar," harapnya. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar