Bupati Kukar Harap Forum RT Tenggarong yang Baru Dilantik Agar Optimal

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 24 Okt 2023 12:00 WITA
Bupati Kukar Harap Forum RT Tenggarong yang Baru Dilantik Agar Optimal Bupati Kukar Edi Damansyah

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Pengukuhan Forum RT Kecamatan Tenggarong periode 2023-2028, dihadiri Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto, kemarin lalu.   

Pengukuhan tersebut dirangkai diskusi bersama Bupati Kukar, yang berlangsung di lapangan Sepak Bola Kelurahan Timbau, Pengurus Forum RT Kecamatan Tenggarong yang berjumlah 18 orang dan dinahkodai Tuti Mandasari tersebut dikukuhkan oleh Camat Tenggarong Sukono. Setelahnya, dilanjut dengan penandatangan berita acara pengukuhan oleh Tuti Mandasari dan Sukono, disaksikan Bupati Kukar Edi Damansyah. 

Dalam arahannya, Edi berpesan kepada seluruh RT di Kecamatan Tenggarong dan juga seluruh wilayah Kukar agar dapat membangun sinergisitas dengan stakeholder lainnya. Seperti pemerintah desa, kelurahan, kecamatan, kepolisian, TNI, hingga komunitas-komunitas yang dibentuk secara mandiri oleh masyarakat. Ini dilakukan untuk menjalin informasi dan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat agar dapat disampaikan kepada Pemerintah Daerah.

Tujuan lainnya untuk mengoptimalkan alokasi anggaran Rp50 juta per RT, sebagai stimulus dalam peningkatan kinerja RT, hingga akhirnya berdampak pada pembangunan lingkungan masyarakat secara keseluruhan. Mengawal validitas data-data kependudukan, dan mewajibkan lembaga RT memiliki data kependudukan di wilayahnya dan dimutahirkan secara berkala. Supaya data-data kependudukan benar-benar valid untuk dapat menjadi pijakan dalam perumusan kebijakan daerah.

Kemudian, menghidupkan sistem keamanan dan ketertiban wilayah secara terorganisir, agar warga dapat hidup lebih tenang dan nyaman. "Untuk itu saya berharap, seluruh ketua RT dan jajaran agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kesuksesan pembangunan di Kukar ke depan,” harapnya.  

“Dan melalui Forum RT yang saat ini sudah terbentuk, kita optimis Kukar akan lebih maju dan sejahtera dalam suasana yang damai dan harmoni," tukas Edi.  

Sementara Sukono menjelaskan, terkait pencairan program Kukar Idaman Rp50 juta per RT menjadi tanggung jawab masing-masing kelurahan. Dia mempersilahkan para ketua RT untuk mengajukan permohonan apa saja yang diperlukan di RT masing-masing. Setelah itu, para ketua RT segera membuat SPJ sebagai pertanggung jawaban anggaran yang telah dikeluarkan dengan waktu 1 bulan pengerjaan. 

"Kami berharap para lurah, ketua RT dan seluruh perangkatnya untuk terus bekerja sama dan bahu-membahu untuk menyukseskan Program Kukar Idaman 2021-2026," tuturnya.  

Lalu, Tuti mengatakan forum ini akan dijadikan tempat diskusi dan berkeluh kesah bagi para ketua RT se-Kecamatan Tenggarong. Permasalahan apa saja yang ada di lingkup RT masing-masing bisa didiskusikan sebelum disampaikan kepada lurah, kades, camat hinggah ke pemerintah daerah.  

"Dan kami berharap kepada bapak bupati untuk lebih memperhatikan kesejahteraan para ketua RT dan perangkatnya. Serta program Kukar Idaman Rp50 juta per RT itu bisa ditambah anggarannya," pintanya.  

Di penghujung acara, dilakukan foto bersama dan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Edi, yang diberikan kepada Ketua Forum RT Kecamatan Tenggarong, Tuti Mandasari. Turut hadir dalam acara tersebut para lurah, kades, dan Ketua RT se-Kecamatan Tenggarong. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar