Bupati Kukar resmi membuka MTQ ke- 42 tingkat kabupaten Kutai Kartanegara

Muhammad Akbar | Jumat, 29 Okt 2021 12:00 WITA
Bupati Kukar resmi membuka MTQ ke- 42 tingkat kabupaten Kutai Kartanegara Bupati Kukar Edi Damansyah

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara ke-42 resmi di buka oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, didampingi Wakil Bupati Rendi Solihin dan ketua DPRD kukar Abdu Rasid. Sabtu (29/10/2021).

Pembukaan MTQ ke-42 digelar di lapangan Gas Alam Muara Badak, dan ditandai dengan penekanan tombol sarine serta diwarmai dengan gemuruh kembang api menandakan di mulainya MTQ yang di ikuti 18 kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). 

Kehadiran MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur budaya yang senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat.

Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. 

“Saya berharap pelaksanaan MTQ ini diharapkan sebagai ajang dalam seleksi Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022 nantinya, sembari berdoa, semoga kafilah kita bisa sampai ketingkat Nasional,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah menyemangati yang langsung disambut meriah. 

Bupati Kukar Edi Damansyah juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi masyarakat dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif, sehingga terselenggaranya MTQ Tingkat Kabupaten ke-42 Tahun 2021. 

“Ini salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumber daya manusia yang telah menjadi agenda tetap Pemerintah. Saya yakin jika kita bersatu dapat mengantarkan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi lebih maju dalam segala aspek pembangunan termasuk diantaranya dalam hal pembinaan seni baca Al-Qur’an,” ujarnya. 

Menurut Bupati Edi Damansyah, hal tersebut juga sejalan dengan cita-cita pemerintah daerah yang terus berupaya untuk menjadikan masyarakat Kutai Kartanegara yang Inovatif Berdaya Saing dan Mandiri dengan menjadikan masyarakat hidup sejahtera dan bahagia (Kukar Idaman) dibawah naungan Al-Qur’an. 

“Upaya nyata tersebut telah dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Tentang Gerakan Etam Mengaji (GEMA), sebagai payung hukum yang jelas terhadap program yang telah dan akan berjalan antara lain, satu desa satu hafidz Al-Quran, Dai Masuk Desa, Safari Subuh, serta Sertfikasi Guru TPA/TKA," katanya. 

Lanjut Edi Damansyah, selain memberikan ucapan selamat kepada seluruh kafilah yang ikut bertanding di ajang MTQ ke-42, Ia juga berharap kepada dewan juri agar konsisten dalam memberikan penilaian terhadap peserta. 

"Saya minta para dewan hakim agar menjalankan tugas dengan benar dan sungguh-sungguh, berikan penilaian seobyektif mungkin, jangan ada subyektifitas. Hasil kejuaraan MTQ ke-42 ini akan menjadi peserta MTQ ke-43 Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2022 di Kota Samarinda. Tidak berlebihan tentunya, saya berharap dan berdoa agar kafilah MTQ Kabupaten Kutai Kartanegara bisa tampil yang terbaik dan menjadi Juara Umum yang kelima kalinya, dengan hastag#2022KUKARLIMA,". Ujar Bupati Edi Damansyah mengakhiri, disambut meriah para pafilah dan undangan, baik yang hadir langsung maupun secara live via zoom dan live streaming.(adv)


Tinggalkan Komentar