Bupati; Pembangunan Kukar Seiring Perkembangan IKN

Muhammad Akbar | Kamis, 21 Okt 2021 12:00 WITA
Bupati; Pembangunan Kukar Seiring Perkembangan IKN saat audiensi dengan tim Tenaga Ahli Pendamping Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Dr Rini Rachmawati, S.SI., MT. di Rumah Jabatan Bupati Kukar

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Persiapan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sudah mempersiapakan diri untuk melakukan mitra IKN dan menjadi daerah penyangga.

Hal itu diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah, saat audiensi dengan tim Tenaga Ahli Pendamping Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, Dr Rini Rachmawati, S.SI., MT. di Rumah Jabatan Bupati Kukar, Rabu (20/10/2021). 

Menurut Bupati Kukar Edi Damansyah, Kutai Kartanegara Secara kuantitas, Kukar lebih banyak menyumbang wilayahnya untuk IKN kelak. Selain Kecamatan Samboja yang bakal menjadi wilayah sentral IKN selain Sepaku.

"Kukar masih akan menyerahkan wilayah mereka dari sebagian Kecamatan Loa Janan, Loa Kulu, Sangasanga, dan Muara Jawa," katanya.  
Dengan begitu, orang nomor satu di Kukar ini menyebut adalah wajar jika Pemkab Kukar menginginkan berdiri sebagai mitra pembangunan IKN kepada pemerintah pusat apabila IKN benar dipindah nantinya. 

"Kami ingin Kabupaten Kukar dapat tumbuh dan berkembang beriringan dengan IKN. Apabila pertumbuhan IKN pesat. Sepesat itu pula yang diharapkan bisa dialami oleh Kabupaten Kukar," ungkap Edi Damansyah.

“Lanjut Kemudian, pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) ingin mengikuti seiring perkembangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur,” imbuhnya. 

Dalam acara tersebut, Kadiskominfo Kukar Dafip Haryanto, Kabid E-Goverment Hendra Wardana, dan Kasi Pengembangan Ekosistem Fedlandy Yulian turut mendampingi bupati dalam acara. (adv)


Tinggalkan Komentar