Edi Damansyah: Serikat Pekerja Merupakan Mitra Pemerintah

Muhammad Akbar | Senin, 01 Mei 2023 12:00 WITA
Edi Damansyah: Serikat Pekerja Merupakan Mitra Pemerintah -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Upacara peringatan Hari Buruh atau May Day dipimping langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, dengan tema "Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri" yang digelar di Halaman Kantor Bupati Kukar, pada Senin(1/5/2023). 

Pada kesempatan itu juga hadir Sekda Kukar Sunggono dan Forkopimda menyaksikan pernyataan sikap Serikat buruh Kukar, dan sekaligus penyerahan plakat sinergisitas pengusaha yang diwakili Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) kepada perwakilan pekerjaan Kukar.

Momentum peringatan Hari Buruh itu, Bupati memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada para pekerja di Kukar yang telah berdedikasi dan bersama-sama membangun Kukar.

Dia menjelaskan bahwa untuk sektor formal di Kukar ada sekitar 136.100 orang pekerja dan untuk sektor informal ada sekitar 119.971 orang pekerja yang bekerja di Kukar.

“Dengan jumlah tersebut, keberadaan serikat buruh ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pemerintah Kukar sebagai mitra pemerintah dan mitra perusahaan,” ujarnya. 

Ia juga menegaskan dari pernyataan sikap yang dilakukan oleh 6 orang perwakilan serikat buruh, nantinya pemerintah Kutai Kartanegara akan meneruskannya kepada pemerintah Pusat yang membidangi ketenagakerjaan untuk mengkaji pernyataan sikap tersebut.

Peringatan May Day tahun ini, Pemkab Kukar mengajak seluruh elementasi serikat buruh untuk lebih konstruktif mengusung nilai-nilai humanis seperti dengan gerakan Aksi Bhakti Sosial Para Buruh, diantaranya Aksi Donor Darah Buruh, Aksi Buruh Peduli Rumah Ibadah, dan Aksi Para Buruh Membedah Rumah. 

"Kami percaya melalui adanya Aksi Bhakti Sosial Buruh ini, dapat membuktikan bahwa para buruh dengan semangat kebersamaan dan gotong royong dapat melaksanakan Peringatan May Day yang bisa berdampak bagi masyarakat luas,"ungkapnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar