Keragaman Budaya Menjadikan Kutai Kartanegara Salah Satu Miniatur Indonesia

Amril Ibnu Marzuki | Minggu, 08 Okt 2023 12:00 WITA
Keragaman Budaya Menjadikan Kutai Kartanegara Salah Satu Miniatur Indonesia Laporan Kegiatan Perkemahan oleh Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Destiani

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu miniatur Indonesia yang penduduknya terdiri dari berbagai suku, ras dan agama yang cukup majemuk. Kemajemukan ini memiliki dua potensi yang berbeda.

Demikian yang disampaikan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar Rinda Destianti saat melaporkan kegiatan Perkemahan Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama Kukar 2023. Acara ini secara resmi dibuka Bupati Kukar Edi Damamsyah di Bumi Perkemahan Kitadin, Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang, Sabtu (7/10/2023). 

Lanjut Rinda, kemajemukan akan menjadi sebuah kekuatan, karena merupakan perpaduan dari berbagai macam latar belakang budaya dan keunggulan yang saling melengkapi. Pada sisi lain, kemajemukan juga dapat menjadi potensi munculnya friksi gesekan, perselisihan serta problem sosial lainnya. 

"Hal tersebut memicu perpecahan di masyarakat yang dikhwatirkan akan memicu konflik horizontal maupun konflik vertikal. Di tengah kehidupan masyarakat kita yang beraneka ragam suku dan agama," ujarnya. 

Menurut Rinda, Kesbangpol Kukar memandang serius masalah ini, karena apabila tidak dicegah sedini mungkin, hal-hal tersebut bisa saja terjadi dan meluas hingga menimbulkan korban dan berdampak pada stabilitas keamanan serta kondusifitas wilayah Kukar. 

Untuk itu perlu diadakan Perkemahan Kebangsaan Generasi Muda Lintas Agama ini dengan tujuan memberikan pemahaman dan persepsi kepada generasi muda lintas agama dalam menjaga kerukunan, kesatuan dan persatuan umat beragama menjelang pemilu serentak 2024. 

Serta dalam rangka mendukung pembangunan IKN, membangun sinergi pemerintah daerah bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kukar, menciptakan kondusifitas menjelang pemilu serentak 2024. Juga dalam rangka mendukung pembangunan IKN dan membina generasi lintas agama dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam menggerakaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bertoleransi dalam kehidupan beragama dan tetap menjaga keutuhan bangsa. 

“Melalui kegiatan ini diharapkan kepada para peserta untuk memahami semua materi yang akan disampaikan, untuk dapat dipahami dan diharapkan dalam rangka mengedukasi masyarakat sebagai upaya kita bersama menjaga kerukunan umat beragama menjelang pemilihan umum serentak, sehingga dapat berjalan dengan damai dan demokrasi,” tutup Rinda. 

Rinda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Camat Tenggarong Seberang dan jajarannya, serta PT Kitadin yang telah memasilitasi kegiatan ini. 

Turut hadir pada acara tersebut Dandim 0906/Kukar Letkol Inf Jeffry Satria, Kasat Binmas Polres Kukar AKP Darnuji, Anggota DPRD Kukar Alif Turiadi, Ketua FKUB Kukar H Harun Nursaid serta undangan lainnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar