Kukar bakal cetak 200 Kelompok Tani Milenial

Muhammad Akbar | Rabu, 20 Okt 2021 12:00 WITA
Kukar bakal cetak 200 Kelompok Tani Milenial Sekretaris Distanak Kukar Sya'rani

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar berupaya untuk menumbuhkembangkan petani milenial untuk menghadapi IKN baru. Tentunya dengan adanya IKN, kebutuhan pertanian juga meningkat. 

Sekretaris Distanak Kukar Sya'rani mengatakan, sesuai dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) bahwa harus menumbuhkan petani milenial sebagai generasi penerus sektor pertanian dalam arti luas. 

"Di Kukar juga sudah ada program petani milenial, dan bahkan sudah ada petani milenial di berbagai Kecamatan" kata Sya'rani. 

Diharapkan, setiap desa paling tidak pereakilan kelompok tani milenial. Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar menargetkan 200 kelompok Tani, dan sejauh ini sudah ada sekitar 38 kelompok tani milenial di Kukar. 

"Sudah ada 38 petani milenial, untuk mencapai target 200 kelompok tani, kami optimis tidak susah membentuk kelompok tani dan dijalankan dengan baik" sebutnya 

Ia juga menyebutkan, jumlah kelompok tani di Kukar ada sekitar 33 ribu, yang rata rata usianya cukup tua, maka dari itu generasi muda harus mengubah meansetnya, agar menjadi petani milenial. 

"Saat ini sudah modernisasi, tidak ada lagi yang bertani harus lumpur lumpur, memakai cangkul, semua sudah teknologi, jadi pikiran generasi muda harus terbuka" tuturnya. (adv)


Tinggalkan Komentar