Kukar IDAMAN Tetap Bangkitkan Sektor Perikanan yang Berkelanjutan

Muhammad Akbar | Sabtu, 06 Mei 2023 12:00 WITA
Kukar IDAMAN Tetap Bangkitkan Sektor Perikanan yang Berkelanjutan -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Melalui program Kukar Idaman, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berkomitmen mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas termasuk didalamnya usaha perikanan di Kukar.

Menurut Wakil Bupati Rendi Solihin, keseriusan dan komitmen pemerintah dalam meningkatkan sektor perikanan, hal itu dapat dilihat dari peningkatan anggaran pembangunan dari tahun ke tahun selama kepemimpinan Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Soihin.

Diketahui bahwa nelayan se- Kabupaten Kukar sudah banyak mendapatkan kucuran dana yang dimulai dari tahun 2021 ada 7 ribu penerima manfaat dengan nilai anggaran 130 miliar untuk nelayan se Kukar. Tahun 2022 ada Rp 180 miliar untuk 8.500 nelayan. Tahun 2023 ada 219 miliar untuk 9.500 nelayan se- Kukar.

"Peningkatan anggaran untuk nelayan ini dari tahun ke tahun yang digelontorkan Pemkab Kukar ini merupakan wujud komitmen kami Edi-Rendi untuk terus mengembangkan perekonomian masyarakat khususnya nelayan dan petani di Kukar," ucapnya, pada Jumat (5/5/2023).  
Program Kukar IDAMAN yang menjadi janji Bupati dan Wabup, melalui silaturahmi ini akan dituntaskan sampai 2024. Ada 25 ribu nelayan produktif se Kukar sebagai penerima bantuan yang diserahkan serahkan bertahap. 

"Ada 24.500 nelayan selama kami menjabat sudah dibantu, kami optimis janji kami saat kampanye lalu bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif bisa kami selesaikan 2024, mudahan 2023 sudah bisa kami tuntaskan," katanya. 

Lanjut bahwa ini bentuk implementasi kegiatan bantuan kelautan dan perikanan yaitu bantuan kepada nelayan dan pembudidaya ikan miskin. Bantuan kepada kelompok nelayan, kelompok pembudidaya ikan, kelompok masyarakat pengolah hasil perikanan, dan kelompok masyarakat pengawas perikanan. Juga ada jenis bantuan berupa sarana produksi (Saprodi) perikanan. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar