Pemkab Gelar Gerakan Pangan Murah Untuk Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan

Amril Ibnu Marzuki | Selasa, 19 Mar 2024 12:00 WITA
Pemkab Gelar Gerakan Pangan Murah Untuk Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ahyani Fadianur Saat Membuka Gerakan Pasar Murah

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ahyani Fadianur membuka Gerakan Pangan Murah Untuk Masyarakat, dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri 2024 di Kukar, Selasa (19/3/2024) di taman eks pemukiman Tanjong, Tenggarong.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kukar bekerja sama dengan sejumlah stakeholder itu berlangsung dua hari hingga Rabu 20 Maret 2024, Adapun peserta yang terlibat menyediakan bahan dagangan pada acara itu yakni sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, kelompok tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar, Bulog, pelaku Usah Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Komoditi yang disediakan yakni berbagai kebutuhan pokok, sayuran, buah buahan, aneka minuman, bibit tanaman dan sebagainya.

Ahyani mengatakan bahwa Gerakan Pangan Murah merupakan Program Nasional sebagai langkah nyata dalam memberikan akses kepada masyarakat agar bisa mendapatkan bahan pangan berkualitas, murah dan terjangkau dari harga pasar. Kegiatan ini merupakan strategi membangun kekuatan ekonomi masyarakat menghadapi dampak akibat krisis, maka dilaksanakan Gerakan Pangan Murah dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok sekaligus menstabilkan harga di tengah masyarakat.

“Tujuannya yaitu untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Puasa dan Idul Fitri 2024. Hal Ini penting agar pada momentum hari besar, Pemerintah hadir untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah dan meraih kemenangan Idul Fitri dengan ketersediaan pangan murah berkualitas, hal Ini merupakan salah satu tujuan Pemerintah guna mensejahterakan dan membahagiakan masyarakat,” ujarnya membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah.

Lebih lanjut disampaikannya, Gerakan Pangan Murah tidak hanya bagi masyarakat yang memanfaatkan langsung akan hadirnya pangan murah, namun juga bagi masyarakat yang ingin berbagi kepada “Keroan Diansanak-Nya” (para saudara/handai taulan) yang kekurangan, sehingga dengan hadirnya kegiatan ini juga memberikan manfaat secara tidak langsung bagi masyarakat yang “Betulungan” (saling membantu) kepada masyarakat lainnya.

Jadi dengan kegiatan ini, ada rupiah yang dapat disisihkan untuk memberikan bantuan kepada Keroan Diansanak selain berupa bahan pangan.

Hal ini karena Urang Kutai itu senang Betulungan, sehingga menjadi rakat dan akhirnya berkah Ramadhan dan Hari Kemenangan diraih oleh segala Keroan Diansanak dari segala kalangan dan lapisan masyarakat.

Diharapkan gerakan ini ke depan menjadi langkah strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah melalui pengembangan potensi pertanian lokal, dalam memperkuat ketahanan pangan lokal.

“Selama ini kita berkolaborasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog), namun kedepannya kami harapkan gerakan ini berkolaborasi langsung dengan petani, sehingga beras petani kita terserap langsung oleh kegiatan ini,” harapnya.

Hal tersebut akan memacu semangat dunia usaha terutama Sektor Pertanian sehingga terjadi sinergitas dalam membangun potensi pertanian dengan memanfaatkan lahan agar lebih produktif.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, maka kolaborasi menjadi kunci sukses keberhasilan dalam mengendalikan pangan. Untuk itu, diperlukan kolaborasi semua pihak dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan, khususnya dalam Bulan Suci Ramadhan dan Menjelang Idul Fitri Tahun 2024.

Pemkab Kukar mengapresiasi kepada semua pihak sehingga Gerakan Pangan Murah jelang HBKN Puasa Dan Idul Fitri 2024 di Kukar dapat berlangsung dengan baik.

Hadir pada acara itu unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, jajaran Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sutikno beserta jajarannya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Camat Tenggarong, Lurah Se Kecamatan Tenggarong, serta seluruh distributor/pedagang yang terlibat dalam kegiatan itu. (Adv/Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar