AGM; Program 10 Ribu Sambungan PDAM Gratis Mulai Terealisasi

Usman | Selasa, 20 Apr 2021 12:00 WITA
AGM; Program 10 Ribu Sambungan PDAM Gratis Mulai Terealisasi Sasaran dari program ini adalah warga yang berpenghasilan rendah dan Perumda Danum Taka sudah melakukan pembukaan pendaftaran bagi masyarakat dari tahun lalu, kemudian data tersebut dikirimkan ke Kementerian PUPR.

gerakanaktualnews.com, PPU - Program 10 ribu sambungan PDAM gratis Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (AGM) sudah mulai teriealisasi untuk pemasangan sambungan di rumah warga masyarakat PPU.

Pemasangan sambungan gratis air minum Danum Taka, atau yang dikenal PDAM, hal ini merupakan janji Bupati PPU AGM terhadap warga masyarakatnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih.

"Sama seperti tahun lalu, sesuai arahan Pak Bupati, dimana beliau memprogramkan 10 ribu sambungan gratis. Tahun ini Perumda Danum Taka, kembali melaksanakan ribuan sambungan gratis," jelas Direktur Perumda Danum Taka, Abdul Rasyid, Senin (19/4/2021).

Sejumlah sambungan gratis tahun ini totalnya adalah 2.700 sambungan, yang mana 2.250 adalah hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan 450 sisanya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) PPU. 

Kemudian di minggu ketiga bulan ini, rencananya tim dari kementerian akan turun langsung bersama Perumda Danum Taka untuk melakukan survei lapangan kembali.

"Bertepatan bulan ini juga kita pada minggu ketiga melakukan proses survei baseline bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk calon penerima manfaat sekitar 2.700 sambungan rumah gratis. Jadi 2.250 untuk masyarakat berpenghasilan rendah melalui program Hibah Air Minum Perkotaan (HAMP), kemudian 450 untuk program DAK melalui Disperkim khusus untuk Sepaku dan Sotek," ungkap Abdul Rasyid.

Sasaran dari program ini adalah warga yang berpenghasilan rendah dan Perumda Danum Taka sudah melakukan pembukaan pendaftaran bagi masyarakat dari tahun lalu, kemudian data tersebut dikirimkan ke Kementerian PUPR.

"Sasarannya sama, untuk masyarakat berpenghasilan rendah, surveinya masih menunggu dari Kementerian PUPR. kita prediksikan Senin depan. Kita menyiapkan tim juga. Hampir seluruh personel PDAM terlibat untuk melakukan survei baseline, adalah survei secara aktual oleh Kementerian PUPR atas data yang dikirimkan oleh PDAM. Kami sudah membuka pendaftaran dari tahun lalu, data pendaftar itu kita kirimkan ke kementerian, dianalisa dan dikaji oleh kementerian, serta akan dilakukan survei secara langsung door to door sekaligus memasang stiker untuk calon penerima manfaat. Dan yang perlu diingat, seluruh biaya sambungan ini 100 persen gratis,” pungkasnya. (adv/diskominfoppu)


Tinggalkan Komentar