Komisi IV Banyak Terima Keluhan Warga Soal Buruknya Pelayanan Puskesmas

| Senin, 24 Feb 2020 12:00 WITA
Komisi IV Banyak Terima Keluhan Warga Soal Buruknya Pelayanan Puskesmas Komisi IV DPRD Balikpapan

BALIKPAPAN,gerakanaktualnews.com – DPRD Kota Balikpapan banyak menerima keluhan warga terkait pelayanan sejumlah puskesmas yang buruk. Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV Mieke Henny.

“Kami minta Dinas Kesehatan terus memberikan pelayanan terbaik, pelayanan maksimal, karena ada warga yang mengeluhkan seperti kesiapan dokter di Puskesmas,” kata Mieke..

Menurutnya, keluhan itu disampaikan warga saat Komisi IV melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke wilayah pinggiran belum lama ini. Ketika itu, warga mengeluhkan lamanya harus menunggu dokter.

“Mereka kelamaan menunggu dokter, makanya kesal,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, soal ketersediaan obat-obatan juga ternyata belum lengkap. Karena masih banyak puskesmas yang justru kekurangan obat. Padahal itu, merupakan hal yang utama.

“Ketersediaan obat itu sangat penting. Seharusnya, ketika dokter memberikan resep kepada pasien, maka obatnya juga harus ada di apotek Puskesmas,” tekannya.

Sementara anggaran kesehatan sebenarnya cukup besar dalam APBD KOTa. Hanya memang diakui Mieke, masing-masing puskesmas mendapat alokasi anggaran yang berbeda-beda.

“Anggaran untuk Puskesmas di pinggiran itu mestinya diprioritaskan karena lokasinya yang jauh dari rumah sakit,” ujarnya

“Puskesmas merupakan tempat pertolongan pertama pasien sebelum mendapat rujukan. Maka fasilitasnya mesti dilengkapi,”

Para wakil rakyat itu pun mendorong agar puskesmas bisa memberikan layanan rawat inap. Komisi IV pun telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar puskesmas menyediakan rawat inap.

“Kami sudah koordinasikan ke Dinas Kesehatan untuk menerapkan sistem itu,” ujarnya. Adv


Tinggalkan Komentar