Bontang akan dirancang sebagai kota ramah pejalan kaki

Reihan | Rabu, 07 Apr 2021 12:00 WITA
Bontang akan dirancang sebagai kota ramah pejalan kaki Amir Tosina Anggota DPRD Kota Bontang

gerakanaktualnews.com, Bontang - Amir Tosina anggota DPRD Kota Bontang, meminta kepada pemerintah Walikota Bontang Terpilih Basri-Najirah, agar dapat membangun Bontang menjadi kawasan kota yang ramah terhadap pejalan kaki.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13/2019, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bontang, pada pasal 9 huruf e, dalam salah satu poinnya menyebutkan, pengembangan sistem infrastruktur perkotaan untuk jaringan pejalan kaki.

“Maka hal tersebut, pembangunan trotoar sangat penting untuk dibangun agar menjamin keselamatan dan keamanan pejalan kaki yang melintas di beberapa jalur kendaraan bermotor,” katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Rabu (7/4/2021).

Lanjut kemudian Ia juga meminta, agar pemerintah kota (Pemkot) Bontang segera menyusun rencana induk jalur bagi pejalan kaki, dan segera dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMJD).

Politisi Gerindra ini lanjut menjelaskan, bahwa kondisi di beberapa pusat perbelanjaan seperti pasar dan pusat perbelanjaan lainnya, diketahui para pejalan kaki sampai menggunakan badan jalan untuk melakukan segala aktivitasnya.

"Prioritas itu, nantinya juga sebagai bentuk perhatian kepada keselamatan bagi para pejalan kaki," ungkap Amir Tosina.

Ia berharap pemerintah selanjutnya, memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan ini. Karena berjalan kaki adalah hak mendasar warga kota Bontang. Sekaligus penanda Kota Taman sebagai kota yang ramah dihuni oleh semua kalangan. (adv)


Tinggalkan Komentar