Branding Produk Sangat Penting Ditingkatkan, Sebut Nidya Listiono

Wahyu Retno | Sabtu, 28 Okt 2023 12:00 WITA
Branding Produk Sangat Penting Ditingkatkan, Sebut Nidya Listiono Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Ketua Komisi II, Nidya Listiono mendorong para pelaku usaha untuk aktif dalam upaya branding produk, agar dapat bersaing di pasar global.
 
"Branding produk sangat penting untuk menciptakan identitas unik dan citra positif bagi produk dan bisnis. Ini adalah kunci krusial dalam memperkenalkan produk kepada pasar dan membangun kepercayaan pelanggan," ujar Nidya Listiono di Samarinda, Kamis.
 
Ia menjelaskan branding sebagai proses untuk menciptakan dan mengelola merek yang dapat membedakan produk, layanan, atau bisnis dari pesaing lain. 
 
Untuk  masalah branding katanya perlu melibatkan berbagai aspek seperti nama, logo, warna, desain, pesan, dan nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada konsumen. 
 
"Tujuannya adalah untuk membangun citra positif, meningkatkan kesadaran, kepercayaan, dan loyalitas konsumen, serta memperluas pangsa pasar," terang Nidya.
 
Menurutnya, branding produk merupakan fondasi yang kuat bagi pertumbuhan bisnis di era persaingan global yang semakin ketat. Namun, ia mengakui bahwa branding produk bukanlah hal yang mudah, terutama bagi pelaku usaha di berbagai tingkatan, baik mikro maupun makro.
 
"Untuk itu, saya memotivasi para pelaku usaha di Kaltim untuk memahami esensi branding produk. Jika branding produk berhasil, artinya penjual tahu apa yang sebenarnya ingin dia tawarkan ke calon pembeli," tutur Nidya.
 
Ia juga menekankan pentingnya belajar dari kesuksesan bisnis besar yang telah berhasil membangun brand yang kuat dan mengimplementasikan strategi branding yang efektif. 
 
Pelaku usaha di Kaltim penting mengadopsi strategi marketing yang kuat dengan membuat branding produk yang mencerminkan nilai dan kualitas yang mereka tawarkan.
 
Nidya menitik beratkan dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, upaya branding produk adalah langkah yang tidak dapat dihindari.
 
"Kalau mau menaikkan keuntungan, value (nilai) juga harus dinaikkan. Otomatis, produksi dan kualitas juga harus dinaikkan. Sisanya soal waktu saja," ujarnya. (adv/dprdkaltim).


Tinggalkan Komentar