Penghapusan Tenaga Honorer Tidak Ada, Sebut Sigit Wibowo

Wahyu Retno | Sabtu, 11 Nov 2023 12:00 WITA
Penghapusan Tenaga Honorer Tidak Ada, Sebut Sigit Wibowo Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memastikan tidak akan ada penghapusan 2,3 juta tenaga honorer yang sebelumnya diisukan akan dilakukan pada November 2023.

Sehubungan dengan isu penghapusan tenaga honorer di Kaltim, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim, Sigit Wibowo menyatakan, bahwa akan melakukan upaya sebisa mungkin agar tidak terjadi penghapusan tenaga honorer.

“Terkait penghapusan tenaga honorer kita akan berupaya agar tidak ada penghapusan dan kami akan mencoba nanti meminta kepada Menpan RB agar tidak ada penghapusan, tentunya bersama dengan Pemprov Kaltim,” katanya.

Sigit menyatakan bahwa DPRD provinsi Kaltim menolak rencana penghapusan tenaga honorer, hal itu menurutnya sebagai bentuk dukungannya terhadap para tenaga honorer yang selama ini telah memberikan andil cukup besar dalam pelaksanaan tugas pemerintah.

“Kita bersama dengan pemerintah provinsi dan kepala daerah yang ada di provinsi kaltim tentu akan mengupayakan agar tidak ada penghapusan tenaga honorer,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini, bahwa jumlah tenaga non-ASN sekarang mencapai 2,3 juta. Rencananya penghapusan honorer ini mulai berlaku 28 November 2023. Pemerintah hanya akan mengakui dua status kepegawaian, yakni PNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Sebelumnya pimpinan DPRD Kaltim lainnya juga menyatakan penolakan atas isu yang berkembang menyebutkan adanya penghapusan tenaga honorer. Tiga pimpinan DPRD Kaltim itu adalah Hasanuddin Mas’ud (Ketua), Muhammad Samsun (Wakil Ketua) dan Seno Aji (Wakil Ketua). (adv/dprdkaltim).


Tinggalkan Komentar